Implementasi pendidikan akhlak pesantren dalam pembelajaran sosiologi SMA / Mochammad Alive Chifzillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan akhlak pesantren dalam pembelajaran sosiologi SMA / Mochammad Alive Chifzillah

Chifzillah, Mochammad Alive (2019) Implementasi pendidikan akhlak pesantren dalam pembelajaran sosiologi SMA / Mochammad Alive Chifzillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chifzillah. Mochammad Alive. 2018 . Implementasi Pendidikan Akhlak Pesantren Dalam Pembalajaran Sosiologi SMA (Studi Etnografi Pondok Pesantren Modern Darussalam). Skripsi Jurusan Sosiologi Prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Abdul Latif Bustami M.Si Kata Kunci Pendidikan Akhlak Pondok Pesantren Pembelajaran Sosiologi SMA. Dewasa ini globalisasi dan modernisasi menjadi tantangan lebih bagi bangsa yang berbudaya. Mereka di tuntut mengikuti perkembangan budaya dunuia meliputi 7Cultural Universal yaitu teknologi bahasa ilmu pengetahuan sistem religi sistem organisasi mata pencaharian kesenian. Sayangnya eksistensi kearifan budaya mulai terkikis arus globalisasi. Peran pendidikan menjadi semakin penting. Perlu adanya pendidikan yang lebih kompleks. Penyelenggaraan pendidikan yang kompleks dan intensif sebenarnya sudah terdapat di Indonesia. Lembaga pendidikan tersebut adalah lembaga pendidikan pesantren. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaiamana Implementasi Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Modern Darussalam (2) Bagaimana penerapan pendidikan akhklak dalam pembelajaran Sosiologi SMA . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi lapangan wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) Pendidikan Akhlak Pesantren dapat di implementasikan dalam pembelajaran sosiologi SMA. (2) Implementasi dilakukan dalam 5 Proses yang meliputi sosialisasi internalisasi realisasi aplikasi evaluasi. Saran bagi guru diharapkan dapat menerapkan pendidikan akhlak dalam setiap pembelajaran di kelas demi tercapainya standar kompetensi inti yang meliputi ranah sikap sosial dan spiritual kurikulum 2013. Saran bagi orang tua agar berkolaborasi dengan guru di lembaga pendidikan dalam pelaksanaan pendidikan akhlak. Saran bagi peneliti lain agar dapat melakukan penelitian lebih lanjut tentang pendidikan akhlak agar dapat di terapkan dalam setiap kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55816

Actions (login required)

View Item View Item