Pradana, Yoga Danu (2018) Implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen / Yoga Danu Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Pradana Yoga Danu. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen. Skripsi Jurusan Sosiologi Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Nur Hadi M.Pd. M. Si. Kata Kunci Pembelajaran Sosiologi Motivasi Belajar Implementasi Model Pembelajaran STAD Karakter siswa dalam proses belajar bersifat heterogen. Model pembelajaran yang inovatif dapat diimplementasikan ke dalam kelas yang heterogen karena dapat mendorong siswa belajar secara optimal menyenangkan dan lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran ini adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) yaitu siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri atas 4-5 orang anggota untuk mengetahui kemampuan siswa yang heterogen. Dengan model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan 2) Bagaimana implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen . Dengan tujuan penelitian adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan 2) Mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat diketahui dari rata-rata presentase pra tindakan sebesar 69 12% kemudian rata-rata presentase pada siklus I sebesar 75 10% dan pada siklus II rata-rata presentasenya sebesar 81 62%. Sehingga terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebanyak 6 25%. Berdasarkan penelitian ini maka disarankan kepada guru mata pelajaran sosiologi dapat dijadikan sebagai bahan masukan dalam merencanakan proses pembelajaran sosiologi. Bagi peneliti selanjutnya hasil temuan ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan refleksi untuk digunakan pengembangan hasil penelitian. Hal ini bertujuan sebagai langkah penyempurnaan implementasi model pembelajaran STAD dalam berbagai materi mata pelajaran sosiologi atau bidang ilmu yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Dec 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55814 |
Actions (login required)
View Item |