Perubahan sosial pada komunitas eks gepeng di Kampung Topeng Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Annisa Fathin Dianah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perubahan sosial pada komunitas eks gepeng di Kampung Topeng Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Annisa Fathin Dianah

Dianah, Annisa Fathin (2018) Perubahan sosial pada komunitas eks gepeng di Kampung Topeng Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Annisa Fathin Dianah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Dianah Annisa Fathin. 2018. Perubahan Sosial pada Komunitas Eks Gepeng di Kampung Topeng Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Sosiologi FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Nu Hadi M.Pd. M.si Kata Kunci Gepeng Perubahan Sosial Kampung Topeng Kota Malang Kota Malang memiliki keunggulan yang bisa dibanggakan mulai dari pusat perbelanjaan pusat pendidikan dan pariwisata. Namun dibalik keunggulan tersebut terdapat beberapa hal yang harus dibenahi. Salah satunya Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang menjadi permasalahan klasik di kota-kota besar di Indonesia. Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemesos RI) memberikan solusi untuk memberdayakan para eks gelandangan dan pengemis dengan program rehabilitasi sosial bagi Gepeng dengan model pembangunan Desaku Menanti. Komunitas eks Gepeng yang ada di Desaku Menanti diberikan pelatihan dan pemberdayaan supaya dapat mengubah mental serta perekonomian mereka menjadi lebih baik dan mandiri. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana strategi bertahan hidup komunitas eks Gepeng di Kampung Topeng 2). Bagaimana perubahan sosial yang terjadi pada komunitas eks Gepeng di Kampung Topeng . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Informan peneliti ini terdiri dari informan pendukung dan informan kunci dengan teknik snawball. Tahap-tahap penelitian meliputi studi pendahuluan pembuatan pradesain penelitian seminar proposal memasuki lapangan pengumpulan data analisis data pengecekan keabsahan data dan penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan perubahan sosial pada eks Gepeng di Kampung Topeng antara lain 1). Terdapat perubahan mata pencaharian yang sebelumnya bekerja di jalanan menjadi pengemis pengamen dan pemulung. Setelah mendapatkan berbagai pelatihan dan adanya wisata Kampung Topeng saat ini mereka bekerja sebagai kuli penjaga galeri souvenir mengatur taman petugas kebersihan petugas keamanan membuka usaha warung dan menjual jajanan. 2). Perubahan pada perilaku dan mental eks Gepeng yang saat ini lebih mandiri dari sebelumnya. Mereka sudah bisa bersosialisasi dengan baik. 3) Perubahan pada kualitas pendidikan menjadi lebih baik karena terdapat PAUD. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa terdapat perubahan yang lebih baik pada aspek ekonomi mental dan pendidikan eks Gepeng namun masih terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki karena beberapa eks Gepeng masih ada yang melanggar peraturan dengan turun ke jalan karena penghasilan tidak mencukupi. Saran hasil penelitian ini adalah agar pelaksanaan program Desaku Menanti dapat berlanjut dan dilakukan pemantauan kepada eks Gepeng yang telah berhasil mengikuti program ini supaya mereka tidak kembali bekerja di jalanan lagi. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat mengkaji mengenai pendidikan anak-anak Eks Gepeng di Kampung Topeng.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55811

Actions (login required)

View Item View Item