Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectually) pada materi fungsi sosiologi untuk mengenali gejala sosial kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kepanjen / Umdatul Khoirot - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectually) pada materi fungsi sosiologi untuk mengenali gejala sosial kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kepanjen / Umdatul Khoirot

Khoirot, Umdatul (2018) Peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intellectually) pada materi fungsi sosiologi untuk mengenali gejala sosial kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kepanjen / Umdatul Khoirot. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Khoirot Umdatul. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization And Intellectualy) Pada Materi Fungsi Sosiologi Untuk Mengenali Gejala Sosial Kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi Program Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Nur Hadi M.Pd M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran SAVI Hasil Belajar Peserta didik Video Pembelajaran Pendidikan merupakan upaya sadar yang dilakukan oleh individu untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Manusia disebut sebagai individu yang unik dikarenakan setiap individu memiliki berbagai kecerdasan yang dibawa sejak lahir atau kecerdasan yang dikembangkan selama proses kehidupannya. Kecerdasan tersebut diantaranya kecerdasan verbal matematik interpersonal intrapersonal spasial kinestetik musik naturalistik religius dan eksistensial. Pendidikan tidak hanya terpusatkan pada konteks pengembangan bakat peserta didik. Akan tetapi perlu untuk mensinergikan antara pengetahuan kognitif afektif dan psikomotorik. Penelitian ini dilaksanakan untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization and Intellectually) yakni suatu model pembelajaran yang memanfaatkan idera manusia untuk melangsungkan pembelajaran. Selain itu pembelajaran ini mencakup tiga ranah yakni ranah kognitif (hasil belajar) afektif (sikap bekerja dalam tim) dan psikomotorik (video pembelajaran dengan tema gejala sosial). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kepanjen dengan melibatkan 34 peserta didik sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni melalui observasi pre-test post-test dan studi dokumentasi. Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar peserta didik pada siklus I yakni 68 04. Kemudian pada siklus II rata- rata nilai hasil belajar peserta didik yakn 87 90. Hal tersebut menunjukkan terdapat peningkatan pada siklus I ke siklus kedua sebesar 19 86 (29 20%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55810

Actions (login required)

View Item View Item