Bangbang Wetan, proses "Metombo" masyarakat metropolitan (studi komunitas Jamaah Maiyah Bangbang Wetan Surabaya) / Muhammad Alva Badridduja

Badridduja, Muhammad Alva (2018) Bangbang Wetan, proses "Metombo" masyarakat metropolitan (studi komunitas Jamaah Maiyah Bangbang Wetan Surabaya) / Muhammad Alva Badridduja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Badridduja. Muhammad Alva. 2018. Bangbang Wetan Upaya Metombo Masyarakat Metropolitan (Studi Komunitas Jamaah Maiyah Bangbang Wetan Surabaya). Skripsi Jurusan Sosiologi Prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Nur hadi M.Pd M.Si. Kata Kunci Masyarakat Metropolitan Kebutuhan Rohani Gerakan Sosial Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur Indonesia sekaligus kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Surabaya memiliki luas sekitar 350 54 km dengan penduduknya berjumlah 2.765.487 jiwa (2010). Daerah metropolitan Surabaya yaitu Gerbangkertosusila yang berpenduduk sekitar 10 juta jiwa. Bangbang Wetan sebagai sebuah komunitas di Surabaya yang fokus pada hal-hal keruhanian dan religiusitas menjadi pilihan masyarakat Surabaya untuk memenuhi kebutuhan akan sesuatu yang bersifat ruhaniah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses metombo masyarakat metropolitan yang terdapat di komunitas Jamaah Maiyah Bangbang Wetan (2) Bagaimana berlangsungnya prosesi acara rutinan di komunitas Bangbang Wetan Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni observasi wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di tempat komunitas Bangbang Wetan menyelenggarakan kegiatan rutin yakni di Taman Budaya Cak Durasim dan di Balai Pemuda Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian bahwa (1) Diskusi dengan tema mengenai permasalahan terkini masyarakat Indonesia secara umum mampu menjawab kegelisahan yang dialami masyarakat Surabaya dalam hal permasalahan yang dihadapi baik dari skala kecil hingga skala besar. (2) Penekanan nilai religiusitas yakni dengan pembacaan salawat kepada Nabi Muhammad dan melakukan kajian Al-Quran secara kontekstual yakni mengelaborasi ayat-ayat Al-Quran yang dikaitkan dengan berbagai fakta aktual dan permasalahan yang dialami masyarakat Indonesia secara umum. Saran bagi pemerintah khususnya Dinas Sosial maupun Dinas Kebudayaan kota Surabaya hendaknya juga turut mendukung dan memfasilitasi eksistensi dari komunitas Bangbang Wetan. Sedangkan untuk masyarakat yang tergabung di komunitas Bangbang Wetan hendaknya bisa menerapkan nilai-nilai kebaikan yang ada di komunitas Bangbang Wetan dalam kehidupan bermasyarakat dalam segala level.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55802

Actions (login required)

View Item View Item