Dampak sosial ekonomi wisata Betoh So'on pada masyarakat Desa Solor Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso / Mohammad Ilzam Fahman Fiddien

Fiddien, Mohammad Ilzam Fahman (2018) Dampak sosial ekonomi wisata Betoh So'on pada masyarakat Desa Solor Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso / Mohammad Ilzam Fahman Fiddien. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fiddien Mohammad ilzam Fahman. 2018. Dampak Sosial Ekonomi Wisata Betoh So on Pada Masyarakat Desa Solor Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso. Skripsi Jurusan Sosiologi Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Abdul Latif Bustami M.Si. Kata Kunci pariwisata dampak sosial ekonomi reaksi masyarakat Wisata bagi masyarakat modern merupakan salah satu dari kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. Kebutuhan akan wisata dilakukan untuk menyegarkan diri setelah sibuk dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari dengan berbagai persoalan yang ada. Wisata alam yang ada di Bondowoso dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kabupaten Bondowoso. Wisata yang ada di Bondowoso memang kurang terkenal tak seperti kota-kota lainnya. Tetapi ada wisata yang baru di Bondowoso yang menarik untuk dikunjungin yakni wisata Betoh So on di Desa Solor.Betoh So on ini berasal dari bahasa Madura yang berarti batu susun Uniknya pada wisata alam Betoh So on (Batu Susun) yakni memiliki kemiripan seperti wisata alam yang ada diluar negeri yakni seperti Stonehenge di Inggris. Maka dari itu Betoh So on ini juga disebut Stonehenge van java. Penelitian ini mempunyai tujuan Untuk mendeskripsikan dan menganalisis reaksi serta dampak sosial ekonomi yang terjadi akibat adanya pariwisata Betoh So on dan mempunyai rumusan masalah (1) untuk mengetahui Bagaimana Reaksi Masyarakat Desa Solor Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso Terhadap Keberadaan Wisata Betoh So on (2) Bagaimana Dampak Sosial Wisata Betoh So on terhadap Masyarakat Desa Solor Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso (3) Bagaimana Dampak Ekonomi Wisata Betoh So on terhadap Masyarakat Desa Solor Kecamatan Cermee Kabupaten Bondowoso Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan kualitatif dimana penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana reaksi serta dampak sosial ekonomi masyarakat desa solor terhadap adanya pariwisata Betoh So on. Hasil dari penelitian ini adalah (1) adanya reaksi masyarakat yang mulai beralih atau menambah profesi mereka yang awalnya petani menjadi juga ikut bekerja di dalam pariwisata betoh so on (2) Adanya kerja sama antara masyarakat dengan pihak perhutani (3) Perubahan status masyarakat yang menganggur kini bisa bekerja di dalam pariwisata (4) peningkatan pendapatan perekonomian masyarakat meningkat (5) pariwisata dijadikan tempat untuk menunjukan kearifan lokal setempat yakni yang berupa kopi Solor. ii Saran kepada pemerintah adalah dengan menjamin keberadaan pariwisata yang baik di area pariwisata maupun akses menuju pariwisata kebijakan-kebijakan yang akan membantu meningkatkan tingkat kesejahteran masyarakat setempat. Sedangkan untuk peneliti lain adalah diharapkan peneliti lain dapat mengambil tema yang berbeda dengan apa yang di kaji oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55799

Actions (login required)

View Item View Item