Penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi konflik sosial untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 di MA Al Maarif Singosari tahun pelajaran 2017/2018 / Khoirotul Anisa

Anisa, Khoirotul (2018) Penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi konflik sosial untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 di MA Al Maarif Singosari tahun pelajaran 2017/2018 / Khoirotul Anisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anisa, Khoirotul.2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Konflik Sosial Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Ips 3 Di Ma Al Maarif Singosari Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Nur Hadi, M.Pd, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL, Keaktifan, Kemampuan Berpikir Kritis. PBL merupakan metode instruksional yang menantang siswa agar belajar untuk belajar, bekerja sama dalam kelompok untuk mencari solusi bagi masalah yang nyata masalah ini digunakan untuk meningkatkan rasa keingintahuan serta kemampuan analitis dan inisiatif atas materi pembelajaran. Berdasarkan hasil rekapitulasi nilai siswa dalam tugas kelompok dan digabungkan dengan berbagai aspek, maka dapat disimpulkan bahwa nilai yang diperoleh siswa pada siklus I masih 21% atau 8 siswa dari 38 siswa yang mencapai nilai diatas KKM. Hasil tersebut sudah menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam pemahaman siswa, walaupun masih belum diatas 50%. Oleh sebab itu diperlukan siklus II yang berisi tentang pengembangan materi konflik sosial. Berdasarkan hasil rekapitulasi nilai siswa pada siklus II mengalami peningkatan dari 21% menjadi 71% atau 27 siswa dari 38 siswa yang mencapai nilai diatas KKM. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL mampu meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55798

Actions (login required)

View Item View Item