Peran sosial kiai kampung dalam pendidikan masyarakat Desa Sidorenggo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang / Lia Hikmatul Maula

Maula, Lia Hikmatul (2018) Peran sosial kiai kampung dalam pendidikan masyarakat Desa Sidorenggo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang / Lia Hikmatul Maula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Maula, Lia Hikmatul. 2018. Peran Sosial Kiai Kampung dalam Pendidikan Masyarakat Desa Sidorenggo Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Sosiologi, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Abdul Latif Bustami, M.Si. Kata Kunci: Kiai Kampung, Peran Sosial, Pendidikan Skripsi ini membahas peran sosial kiai kampung dalam pendidikan masyarakat desa Sidorenggo kecamatan ampelgading kabupaten malang. Kiai yang dimaksud dalam skripsi ini adalah sosok seorang yan pandai dalam hal agama Islam serta alim ulama. Kiai kampung disini merujuk pada seseorang yang hidup dikampung yang menjadi guru ngaji ngaji, imam shalat, sebagai penceramah (mubaligh) dan ada juga yang menjadi guru di sekolah formal. Penelitian ini bersifat kualitatif, subyek dalam penelitian ini meliputi 9 kiai kampung dan 10 warga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kiai kampung dalam pendidikan masyarakat di desa Sidorenggo dan untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat tentang keberadaan kiai kampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan penelitian tentang bagaimana peran kiai kampung terhadap pendidikan masyarakat di desa Sidorenggo, Ampelgading Malang. Penelitian ini menekankan untuk mengungkap fakta secara rinci terhadap obyek yang diteliti dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kiai kampung bagi masyarakat desa Sidorenggo adalah tokoh masyarakat yang dihormati karena tempat belajar agama meminta nasehat mengadukan permasalahan sebagai pengayom bagi warga dan juga sosok yang sangat diperlukan keberadaanya oleh masyarakat. (2) Kiai kampung berperan aktif dalam kegiatan sosial dan berperan dalam meningkatkan pendidikan masyarakat. Selain aktif dalam kegiatan sosial ada 3 kiai yang juga aktif sebagai tenaga pendidik di sekolah formal (madrasaah Al-Azhar). (3) Saran yang dapat ditawarkan bagi kiai kampung dan warga adalah hendaknya hubungan antara warga dengan kiai kampung di desa Sidorenggo dengan baik, hendaknya terus dipertahankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55793

Actions (login required)

View Item View Item