Perempuan pemandu lagu (ladies companion) dalam perspektif Weberian di Kota Malang / Lusiana Devika Fanda Sasmito - Repositori Universitas Negeri Malang

Perempuan pemandu lagu (ladies companion) dalam perspektif Weberian di Kota Malang / Lusiana Devika Fanda Sasmito

Sasmito, Lusiana Devika Fanda (2018) Perempuan pemandu lagu (ladies companion) dalam perspektif Weberian di Kota Malang / Lusiana Devika Fanda Sasmito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sasmito Lusiana Devika Fanda. 2018. Perempuan Pemandu Lagu (Ladies Companion) dalam Perspektif Weberian di Kota Malang. Skripsi Jurusan Sosiologi Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Irawan M.Hum. Kata Kunci Perempuan Pemandu Lagu Weberian Karaoke merupakan tempat hiburan yang kini mulai digemari oleh masyarakat dari yang muda sampai tua. Tempat karaoke di Kota Malang bukan hanya menyediakan tempat untuk bernyanyi saja namun juga menyediakan jasa perempuan pemandu lagu yaitu Ladies Companion ( LC ). Sebagai pemandu lagu mereka harus siap dengan stereotypes negative dalam masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Rasionalitas tindakan perempuan yang bekerja sebagai pemandu lagu (Ladies Companion) di Kota Malang (2) Konsep diri perempuan pemandu lagu (Ladies Companion) di Kota Malang. Berdasarkan rumusan masalah yang diambil maka penelitian ini memiliki tujuan (1) Mendeskripsikan tentang rasionalitas tindakan perempuan yang bekerja sebagai pemandu lagu (Ladies Companion) di Kota Malang (2) Mendeskripsikan tentang konsep diri perempuan pemandu lagu (Ladies Companion) di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Bekerja sebagai perempuan pemandu lagu (Ladies Companion) tempat karaoke ataupun club malam merupakan pekerjaan yang sering kali dianggap sebagai pekerjaan yang negatif bagi sebagian besar masyarakat tidak terkecuali di Kota Malang. Namun seiring dengan adanya stereotype negative dari masyarakat seakan tidak diperdulikan oleh perempuan yang tetap memilih pekerjaan pemandu lagu yang ditekuninya. Karena mereka berfikiran bahwa pekerjaan tersebut dapat membantu mereka dalam segi ekomininya (2) Pembentukan konsep diri perempuan sebagai pemandu lagu (Ladies Companion) juga dipengaruhi oleh faktor pergaulan dengan lingkungan sekitarnya meskipun masyarakat memandang pekerjaan pemandu lagu itu negatif akan tetapi pandangan seorang pemandu lagu terhadap dirinya sendiri tidak sejalan dengan padangan masyarakat tersebut. Saran (1) bagi pemerintah yaitu pemerintah harus membuka lapangan pekerjaan yang produktif bagi seorang perempuan agar tidak terjerumus kedalam pekerjaan-pekerjaan instan untuk memperoleh uang yang cepat. (2) bagi masyarakat yaitu masyarakat diharapkan dapat memiliki pandangan yang tebuka terhadap perempuan pemandu lagu karena tidak selamanya perempuan yang bekerja sebagai pemandu lagu tersebut merupakan perempuan yang nakal . (3) bagi peneliti selanjutnya yaitu penelitian yang selajutnya disarankan untuk lebih mendalami mengenai konsep diri dan mencari fokus permasalahan lainnya seperti kehidupan sosial perempuan pemandu lagu dalam keluarganya di Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55783

Actions (login required)

View Item View Item