Pengembangan media pembelajaran sosiologi berbasis videoscribe pada materi Konflik, Kekerasan dan Upaya penyelesaiannya kelas XI / Rina Natalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sosiologi berbasis videoscribe pada materi Konflik, Kekerasan dan Upaya penyelesaiannya kelas XI / Rina Natalia

Natalia, Rina (2018) Pengembangan media pembelajaran sosiologi berbasis videoscribe pada materi Konflik, Kekerasan dan Upaya penyelesaiannya kelas XI / Rina Natalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Natalia Rina. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Sosiologi Berbasis Video Scribe Pada Materi Konflik Kekerasan Dan Upaya Penyelesaian-Nya Kelas XI. Skripsi Jurusan Sosiologi Prodi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Nur Hadi M.Pd M.Si. Kata Kunci Pengembangan Media Video Scribe Konflik Video scribe merupakan salah satu media pembelajaranyang efektif digunakan dalam proses belajar-mengajar. Hal ini karena media video scribe memberikan tampilan yang berbeda dalam pembelajaran dan lebih terencana efektif dan dapat digunakan secara mandiri. Tujuan pembelajaran akan tercapai apabila kesulitan dalam pembelajaran dapat diatasi dengan tepat. Oleh karena itu sangat diperlukan media pembelajaran video scribe untuk memberikan solusi terhadap problem dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pengembangan video scribe sebagai media pembelajaran pada materi konflik kekerasan dan upaya penyelesaiannya mata pelajaran SMA kelas XI 2) Bagaimana kelayakan media video scribe sebagai media pembelajaran SMA kelas XI . Tujuan penelitian ini adalah 1) Menghasilkan media pembelajaran video scribe untuk mendukung pembelajaran sosiologi SMA kelas XI. 2) Mendiskripsikan kelayakan produk media video scribe sebagai media pembelajaran sosiologi kelas XI. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan Reseacrh And Develompment (R D) Sadiman dkk yang terdapat 7 tahapan diantaranya yaitu 1) Identifikasi kebutuhan dan karakteristik siswa 2) Perumusan tujuan 3) Perumusan butir-butir materi 4) Perumusan alat pengukuran keberhasilan 5) Penulisan naskah media 6) Tes atau Uji coba 7) Revisi dan Produksi. Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu media pembelajaran video scribe dengan tingkat kelayakan yang tinggi. Hal tersebut dapat dibuktikkan dengan hasil validasi ahli materi ahli media dan ahli bahasa. Hasil validasi materi sebesar 96% dan hasil perhitungan rata-rata sebesar 3 625 hasil validasi bahasa mendapatkan hasil presentase sebesar 88 39% dan hasil perhitungan rata-rata sebesar 3 535 hasil validasi bahasa sebesar 81 25% dan rata-rata sebesar 3 25. Hasil uji coba pada siswa dilakukan 2 tahap yatu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Pada uji coba kelompok kecil respon siswa terhadap media video scribe secara keseluruhan mendapatkan total nilai sebesar 82 40% rata-rata 3 3. Sedangkan pada uji coba kelompok besar respon siswa terhadap media video scribe secara keseluruhan mendapatkan total nilai 87 18% dan rata-rata 3 3. Hasil perhitungan respon guru terhadap media video scribe secara keseluruhan mendapatkan nilai sebesar 94 44% dengan rata-rata 3 5. Jadi dapat disimpulkan bahwa media video scribe sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran sosiologi. Saran yang terkait penelitian ini yaitu sekolah yang berkeinginan menggunakan media video scribe sebaiknya memiliki sarana prasarana yang menunjang misal LCD proyektor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55776

Actions (login required)

View Item View Item