Resistensi masyarakat Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu / Salsabee Putri Dwi Ayu Virgiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Resistensi masyarakat Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu / Salsabee Putri Dwi Ayu Virgiana

Virgiana, Salsabee Putri Dwi Ayu (2018) Resistensi masyarakat Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu / Salsabee Putri Dwi Ayu Virgiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Virgiana Salsabee Putri. 2017. Resistensi Masyarakat Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Skripsi Jurusan Sosiologi Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Negri Malang. Pembimbing Dr. Abdul Latif Bustami M.si. Kata Kunci Air Pembangunan Resistensi Air adalah sumber kehidupan tempat bergantung banyak aktivitas manusia. Keberadaan air menjadi urusan vital. Bahkan menjadi salah satu isu lingkungan terkini di tengah kelangkaan (scarcity)yang mengancam kebutuhan kita. Sumber Mata Air di Kota Batu menurut data PDAM Kota Batu hanya tersisa 6 mata air yang tergolong baik dengan debit air yang cukup besar. Salah satunya yaitu Sumber Umbul Gemulo yang berada di Dusun Cangar Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji sumber umbul gemulo menjadi tumpuan hidup tidak hanya bagi enam ribu Desa Bulukerto tapi juga bagi ribuan warga di enam desa lainnya dan PDAM Kota Batu yang mensuplai kebutuhan air bersih bagi warga Kota Batu. Umbul gemulo merupakan tumpuan hidup masyarakat Bulukerto namun saat ini Umbul Gemulo masih menjadi sengketa oleh masyarakat sekitar dan pemerintah. Kasus pembangunan hotel Rajya menyebabkan umbul yang dulunya asri menjadi semakin banyak sensasi. Kasus umbul gemulo menjadi salah satu kasus yang menarik dimana perjuangan masyarakat untuk melawan kaum-kaum elite sangat berpengaruh dalam penyelamatan umbul gemulo ini. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk resistensi masyarakat Desa Bulukerto dan mempunyai rumusan masalah (1) Bagaimana latar belakang historis adanya resistensi oleh warga Desa Bulukerto (2) Bagaimana perubahan social yang terjadi setelah adanya resistensi yang dilakukan oleh warga Desa Bulukerto (3) Bagaimana wujud resistensi yang dilakukan oleh masyarakat Desa Bulukerto . Penelitian ini menggunakan metode dan pendekatan penelitian kualitatif dimana penelitian ini gunakan untuk mengeksplor fenomena yang terjadi di Desa Bulukerto yang tidak dapat dikuantifikasikan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) latar historis adanya resistensi oleh warga Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu yang dimana resistensi yang terjadi bukan hanya saat kasus Hotel The Rajya tapi jauh sebelum itu (2) Perubahan social yang ada di masyarakat Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu lebih kepada pergeseran peran dan fungs yang ada di masyarakat Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota i (3) bentuk resistensi yang dilakukan oleh warga masyarakat mulai dari gerakan social aksi social sampai gerakan social yang berbasis social-budayan yang ada di masyarakat Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55770

Actions (login required)

View Item View Item