Pengembangan modul sosiologi materi fungsi sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat KD 3.1 SMA kelas X / Dede Anggun Pramana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul sosiologi materi fungsi sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat KD 3.1 SMA kelas X / Dede Anggun Pramana

Pramana, Dede Anggun (2018) Pengembangan modul sosiologi materi fungsi sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat KD 3.1 SMA kelas X / Dede Anggun Pramana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramana D A. 2017. Pengembangan Modul Sosiologi Materi Fungsi Sosiologi Untuk Mengenali Gejala Sosial Di Masyarakat KD 3.1 SMA Kelas X. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Nur Hadi M.Pd M.Si Kata Kunci pengembangan modul sosiologi KD 3.1 Modul merupakan salah satu bahan ajar yang efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan karena modul mampu menciptakan pembelajaran yang lebih terencana dengan baik mandiri tuntas dan dengan hasil (output) yang jelas. Selain itu guru dapat menyusun sendiri komponen pada modul sesuai dengan kebutuhan siswa pada saat pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang dicita-citakan oleh pendidikan tentu akan tercapai apabila guru menyusun sendiri bahan ajar untuk siswa. Oleh karena itu sangat diperlukan pengembangan modul sebagai upaya untuk menunjang pembelajaran sosiologi. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1)Mengajak siswa untuk belajar sambil bermain dengan pengembangan Uji Kompetensi berbasis permainan 2)Menyajikan gejala sosial berdasarkan kenyataan di masyarakat bukan berdasarkan contoh yang imajinatif 3)Mengajak siswa belajar dengan materi yang sesuai dengan tingkatan mereka. 4)Memberikan wawasan baru kepada siswa melalui modul yang dikembangkan 5)Memberikan referensi bagi guru untuk berkreasi berinovasi dalam mengembangkan bahan ajar Sosiologi SMA. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan Reseacrh and Develompment (R D) Borg and Gall modifikasi oleh Sukmadinata. Terdapat 5 tahapan dalam R D modifikasi oleh Sukmadinata. Lima tahapan tersebut antara lain sebagai berikut. 1) Penelitian dan pengumpulan data. Terdapat 4 langkah dalam tahap pertama ini yaitu a) pengukuran kebutuhan (needs assessment) b) Studi literatur c) penelitian dalam skala kecil d)Perencanaan. 2) Pengembangan produk awal 3) Uji coba dan penyempurnaan produk awal 4) Uji coba dan penyempurnaan produk yang telah disempurnakan 5) Pengujian produk akhir. Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu 1) guru dan siswa membutuhkan modul untuk menunjang pembelajaran 2)Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan modul sosiologi KD 3.1 yaitu memahami pengetahuan dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berfungsi mengkaji gejala sosial di masyarakat 3) validasi materi 75% dan rata-rata nilai dari validasi materi adalah 3 validasi media adalah 88 33% dan rata-rata nilai validasi media adalah 3 5 validasi bahasa adalah 90 63% dengan rata-rata 3 625 Hasil uji coba modul sosiologi kriteria materi 82 75 kriteria bahasa 85 21% dan kriteria media 85 63%. Total presentase yang diperoleh dari respon siswa terhadap modul adalah 84 2%. Sedangkan rata-rata diperoleh pada kriteria materi adalah 3 31 kriteria bahasa adalah 3 5 dan media adalah 3 43. Total rata-rata respon siswa terhadap modul sosiologi adalah 3 37. Hasil perhitungan respon guru sosiologi X IPS yaitu Ibu Ayu Yuztia yaitu kriteria materi presentase kriteria materi adalah 90% kriteria bahasa 92% kriteria media 83% sedangkan presentase total adalah 89%. Hasil perhitungan rata-rata kriteria materi 3 6 kriteria bahasa 3 67 kriteria media 3 33 sedangkan rata-rata total yang diperoleh adalah 3 55. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul sosiologi sangat layak untuk digunakan pada siswa SMA/MA kelas X materi fungsi sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat. Saran untuk peneliti lanjutan yaitu sebagai pengembang lanjut diharapkan mengembangkan modul elektronik yang dapat digunakan tanpa mencetak modul mengingat biaya untuk mencetak modul banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55769

Actions (login required)

View Item View Item