Penerapan pendekatan konstruktivisme melalui metode buzz group untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMAN 01 Gondanglegi semester genap 2013/2014 / Eric Aditya Suhantyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan konstruktivisme melalui metode buzz group untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMAN 01 Gondanglegi semester genap 2013/2014 / Eric Aditya Suhantyo

Eric Aditya (2014) Penerapan pendekatan konstruktivisme melalui metode buzz group untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 di SMAN 01 Gondanglegi semester genap 2013/2014 / Eric Aditya Suhantyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suhantyo Eric A. 2014. Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dengan Metode Buzz Group Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 01 Gondanglegi Semester Genap 2013/2014. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Legawa M.Si (II) Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd Kata Kunci Pendekatan Konstruktivisme Metode Buzz Group Motivasi Belajar. Motivasi Peserta didik kelas XI IPS 1 sangat rendah hal ini dapat dilihat dari tidak adanya kesungguhan dalam belajar sering berbincang bincang dengan teman sebangku dan bermain handphone pada saat proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hal tersebut maka rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pendekatan konstruktivisme pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 01 Gondanglegi (2) Apakah penerapan pendekatan konstruktivisme pada mata pelajaran sejarah dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 01 Gondanglegi kelas XI IPS 1. Berdasarkan rumusan masalah maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan konstruktivisme pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 01 Gondanglegi kelas XI IPS 1 (2) Menganalisis peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 01 Gondanglegi kelas XI IPS 1. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 01 Gondanglegi . Teknik Pengumpulan Data yaitu dengan Observasi Wawancara Angket dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data menggunakan reduksi data data diplay dan Conclusing Drawing. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penerapan pendekatan pembelajaran sejarah dengan pendekatan konstruktivisme sudah sesuai hal ini dapat dilihat dari peserta didik menjadi pusat dalam pembelajaran peserta didik yang membangun sendiri pemahaman mereka melalui tugas yang diberikan guru dan penggunaan berbagai sumber seperti buku paket dan Internet (2) pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 01 Gondanglegi hal ini dapat diketahui dari hasil observasi keaktifan peserta didik meningkat dari hasil siklus I sebesar 60 5% menjadi 92% pada siklus II. Dari hasil observasi individu meningkat dari hasil siklus I sebesar 51% meningkat menjadi 64 5% pada siklus II. Dari angket yang diberikan sebelum pelaksanaan tindakan dari kategori cukup yaitu 59% meningkat menjadi kategori baik 64% sesudah dilaksanakan tindakan. Saran dari peneliti adalah manfaatkanlah media media yang bisa menarik peserta didik untuk belajar dan gunakanlah sumber belajar yang banyak agar muncul rasa ingin tahu dari peserta didik. Gunakanlah metode pembelajaran yang berorientasi kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55757

Actions (login required)

View Item View Item