Proses sosial dan pendidikan masyarakat berketerbelakangan mental di Dusun Sidowayah Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo / Alfian Ardhiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses sosial dan pendidikan masyarakat berketerbelakangan mental di Dusun Sidowayah Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo / Alfian Ardhiansyah

Alfian (2013) Proses sosial dan pendidikan masyarakat berketerbelakangan mental di Dusun Sidowayah Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo / Alfian Ardhiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci prosessosial pendidikanmasyarakat keterbelakangan mental KecamatanJambonmerupakansalahsatukecamatan di KabupatenPonorogo yang memilikimasyarakatberketerbelakangan mentalcukupbanyak. Salah satudesa di KecamatanJambon tepatnya diDesaSidoharjoterdapatpenderitaketerbelakangan mental cukupbanyak yakniada 118 jiwapenderitaketerbelakangan mental. Dalamkehidupanbermasyarakatdiperlukaninteraksisosialantarmasyarakatgunakelangsunganhidupnya tanpaterkecualimasyarakatberketerbelakangan mental.Olehkarenaitubagaimanamasyarakatberketerbelakanganmental inimenjalankanfungsisosialnyadenganberbagaiketerbatasan yang merekamilikikarenamerekajugabagiandarimasyarakat.Sehinggapenelitiantentangprosesinteraksidanpendidikanmasyarakatberketerbelakangan mental dirasapentinguntukdilakukan.Adapunrumusandaripnelitianiniadalah (1) bagaimana proses sosialmasyarakatberketerbelakangan mental di DusunSidowayahDesaSidoharjoKabupatenPonorogo (2) bagaimana proses pendidikanmasyarakatberketerbelakangan mental di DusunSidowayahDesaSidoharjoKabupatenPonorogo. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan (1) prosessosialmasyarakatberketerbelakangan mental di DesaSidoharjo (DusunSidowayah) KecamatanJambonKabupatenPonorogo (2) prosespendidikanmasyarakatberketerbelakangan mental di DesaSidoharjo (DusunSidowayah) KecamatanJambonKabupatenPonorogo. Penelitianinimenggunakanjenispenelitiandeskriptifdenganpendekatankualitatif.Dalampenelitianini penelitimelakukansurveydengansampelkeluarga yang memilikianggotakeluargaberketerbelakangan mental di DesaSidoharjoDusunSidowayah warga yang berketerbelakangan mental yang bisadiajakuntukberkomunikasimenggunakanbahasa verbal ataupunbahasaisyarat.Teknikpengambilan data yang dilakukanadalahobservasi wawancara dandokumentasi.Teknikanalisis data menggunakananalisis data kualitatif model interaktifadalahreduksi data display data verifikasi data. Hasildaripenelitaninimenunjukkanprosessosial yang dilakukanmasyarakatberketerbelakanganmental denganmenggunakanbahasaisyarat. Meskisekilasmerekamemilikibanyakkekurangannamunmerekamasihmampuuntukberinteraksidenganlingkungannya (masyarakatdanalamdimanamerekatinggal).Sedangkanpendidikan yang diberikankepadamasyarakatberketerbelakangan mental usiadewasaataubiasadisebutdengan Orang DenganKeterbelakangan (ODK) diberikanpembinaankhususdirumahmasing-masingmeliputipembinaandiriuntukkehidupansehari-hari yang manadalampembinaaninibertujuan agar para ODK inibisamandiridantidakselalumenggantungkanhidupnyakepada orang lain namunhanya ODK yang memilikiketerbelakanganringansaja yang mampudibina karenabagimereka yang menderitakerterbelakanganberatsudahtidakdapatmelakukankegiatanapapun. Sedangkanbagimasyarakatberketerbelakagan mentalusiasekolahataubiasadisebutdenganAnakBerkebutuhanKhusus (ABK) disekolahkan di sekolahinklusi yang terdapat di DusunSidowayah yang resmididirikanpadatahun 2009 lalu.Dari hasilpenelitandapatdisimpulkanbahwadalamprosesinteraksinya masyarakatberketerbelakangan mental mampuberinteraksidenganlingkungannya sedangkanuntukpendidikanmasyarakatberketerbelakangan mental dibinamelaluikeluarga bertujuanuntukkemandirian ODK. Untuk ODK usiaproduktif merekamasuk di sekolahinklusi. Dari hasilpenelitian saran untukpemerintahKabupatenPonorogoadalahtindakandanpenanganannyatauntukmasyarakatberketerbelakangan mental terutamauntuksaranapendidikan ODK untukDesaSidoharjohendaknyalebihmemaksimalkanpelayananmasyarakatterutamadibidangpendidikandansosial.Sedangkan saran untukpenelitiselanjutnyaadalahsecaraakademikdisarankanunutklebihmemahamimasalahsosialdanpendidikan di DesaSidoharjo. Hal inidikarenakanbanyakanak-anakbahkan orang tua yang butaakanpendidikan makadariitumasalahtersebuthendakdipahamilebihlanjutkarenapendidikanmerupakanbekaluntukkehidupan yang lebihbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55702

Actions (login required)

View Item View Item