Kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran PKn melalui pendekatan pembelajaran tematik (studi di SDN Petungsewu II kelas 1) Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Agus Setiyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran PKn melalui pendekatan pembelajaran tematik (studi di SDN Petungsewu II kelas 1) Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Agus Setiyawan

Agus (2011) Kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran PKn melalui pendekatan pembelajaran tematik (studi di SDN Petungsewu II kelas 1) Kecamatan Wagir Kabupaten Malang / Agus Setiyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kreativitas Pendidikan Kewarganegaraan Pendekatan tematik. Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data informasi atau unsur-unsur yang ada. Yang dimaksud dengan data informasi atau unsur-unsur yang ada adalah dalam arti sudah ada sebelumnya yaitu segala pengalaman yang diperoleh seseorang selama hidupnya baik selama dibangku sekolah maupun yang dipelajarinya dalam keluarga dan masyarakat. Pendidikan Kewarganegaraan adalah pendidikan yang bertujuan membentuk warga Negara yang baik demokratus cerdas religius dan bertanggungjawab Pembelajaran tematik sebagai pendekatan pembelajaran termasuk salah satu pendekatan pembelajaran terpadu Istilah pendekatan pembelajaran tematik pada dasarnya adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengkaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui sejauh mana wawasan guru PKn SDN Petungsewu II terhadap pendekatan pembelajaran tematik (2) Untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru PKn dalam menyusun rancangan pembelajaran PKn melalui pendekatan pembelajaran tematik dikelas 1 SDN Petungsewu II Kecamatan Wagir Kabupaten Malang (3) Untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru PKn dalam pelaksanaan pembelajaran PKn melalui pendekatan pembelajaran tematik di SDN Petungsewu II Kecamatan Wagir Kabupaten Malang (4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran PKn melalui pendekatan pembelajaran tematik di SDN Petungsewu II Kecamatan Wagir Kabupaten Malang dan (5) Untuk mengetahui bagaimana usaha-usaha yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan yang timbul dalam pelaksanaan pembelajaran PKn melalui pendekatan pembelajaran tematik di SDN Petungsewu II Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Untuk mencapai tujuan tersebut data dikumpulkan dengan cara observasi partisipatif studi dokumentasi serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Penelitian dilakukan di SDN Petungsewu II Kelas 1 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang dengan objek penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran PKn SD melalui pendekatan pembelajaran tematik. Dari hasil temuan peneliti dilapangan dalam pelaksanaan pembelajaran PKn melalui pendekatan tematik di SDN Petungsewu II kelas 1 antara lain sebagai berikut 1). Rancangan pembelajaran dalam tahap ini guru PKn Kelas 1 SDN Petungsewu II menyiapkan media pembelajaran tematik yang berupa gambar-gambar yang berhubungan dengan tema yang akan diajarkan kepada siswa. Disini peneliti tidak menemukan guru menentukan tema pembelajaran tematik karena untuk pelaksanan pembelajaran tematik di SD kelas 1 sampai kelas III pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional memberikan buku panduan pelaksanaan pembelajaran tematik dimana sudah dilengkapi dengan tema pembelajaran untuk masing-masing mata pelajaran. Dengan demikian guru hanya tinggal menentukan tema penghubung antar mata pelajaran berdasar kesamaan indikator pencapaian dari masing-masing kompetensi dasar. Estela itu guru membuat RPP pembelajaran tematik 2). Pelaksanaan pembelajaran dari hasil pengamatan peneliti melihat bahwa guru bidang studi PKn kelas 1 di SDN Petungsewu II kurang kreatif khususnya dalam hal pengelolaan pembelajaran. Hal ini dikarenakan kurangnya pengalaman guru dalam mengajar sehingga guru tidak bisa mengelola proses pembelajaran dengan baik. Selain itu media yang dipakai juga kurang bervariasi yang mengakibatkan siswa tidak antusias dan termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. . Berdasarkan hasil penelitian di SDN Petungsewu II Kecamatan Wagir Kabupaten Malang maka dapat disarankan 1. Perlu tersedianya media pembelajaran untuk pelaksanaan pembelajaran PKn melalui pendekatan pembelajaran tematik. 2. Guru hendaknya membuat dan menyiapkan sendiri media pembelajaran sebagai sarana pendukung dalam pelaksanaan pembelajarn PKn melalui pendekatan pembelajaran tematik. Media pembelajaran tidak harus mahal akan tetapi efisien dan lentur (bisa dipakai atau mudah digunakan oleh siswa dan guru). 3. Dalam membuat RPP guru PKn kelas 1 agar lebih lengkap lagi. Mengingat RPP itu sebagai pedoman mengajar dimana fungsinya agar guru tidak keluar dari materi pembelajaran yang diajarkan. 4. Diharapkan dapat dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pelakasanaan pembelajaran PKn melalui pendekatan pembelajaran tematik. Hal ini dikarenakan dalam penelitian ini banyak kekurangan yang mungkin perlu untuk disempurnakan dan ditindak lanjuti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55587

Actions (login required)

View Item View Item