Perbandingan kemandirian belajar dan prestasi belajar IPS (sejarah) antara siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal bersama orangtua pada siswa MTs Surya Buana Malang tahun pelajaran 2010/2011 / Eko Hadi Susilo - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan kemandirian belajar dan prestasi belajar IPS (sejarah) antara siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal bersama orangtua pada siswa MTs Surya Buana Malang tahun pelajaran 2010/2011 / Eko Hadi Susilo

Eko Hadi (2011) Perbandingan kemandirian belajar dan prestasi belajar IPS (sejarah) antara siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal bersama orangtua pada siswa MTs Surya Buana Malang tahun pelajaran 2010/2011 / Eko Hadi Susilo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Kemandirian Belajar Prestasi Belajar Pesantren Orangtua. MTs Surya Buana Malang menerapkan pembelajaran yang berbasis konsep Triple R Religius Reasioning dan Reasearch. Sebagian siswa yang belajar di MTs ada yang bermukim di pesantren sebagian yang lain tinggal bersama orangtua. Lingkungan pesantren dan lingkungan orang tua tentu membawa peran penting pada pola belajar siswa salah satunya adalah membentuk karakter belajar siswa yang mandiri yakni bertanggungjawab tidak tergantung kepada orang lain. Terkait hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti perbedaan kemandirian dan prestasi belajar siswa yang tinggal di pesantren dengan siswa yang tinggal bersama orangtua. Penelitian ini mengacu pada masalah (i) tingkat kemadirian belajar serta (ii) Prestasi Belajar antara siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal bersama orangtua serta (iii) perbandingan dari keduanya dan bertujuan untuk mengetahui (i) tingkat kemandirian belajar dan (ii) prestasi belajar siswa yang tinggal di pondok pesantren dan juga siswa yang tinggal bersama orang tua mengetahui (iii) perbedaan kemandirian belajar dan prestasi antara siswa yang tinggal di pondok pesantren dan siswa yang tingal bersama orang tua pada siswa MTs Surya Buana. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan dokumentasi dan angket dalam pengumpulan data. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTs Surya Buana baik yang tinggal di Pondok maupun yang tinggal bersama orangtua dengan teknik pengambilan sampel jenuh dan Proportional Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemandirian dan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di Pesantren dan siswa yang tinggal bersama orang tua. Berdasarkan hasil uji multivariat diperoleh nilai diperoleh nilai F test untuk kemandirian belajar sebesar 7.174 dengan nilai sig. 0 009 sedangkan nilai F test untuk prestasi belajar (Ulangan Harian) sebesar 52.961 dengan nilai sig. 0 001 dengan tingkat kesalahan 5% (0 05). Dapat diinterpretasikan bahwa jika nilai signifikansi 0 05 maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis nol ditolak yaitu ada perbedaan kemandirian dan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di Pesantren dan siswa yang tinggal bersama orang tua. Bertitik tolak dari penelitian ini saran yang di ajukan berdasarkan hasil penelitian ini bagi peneliti lain diharapkan lebih menganalisis secara deskriptif kemandirian belajar siswa di Pesantren guna mengulas lebih dalam karakter kemandirian belajar dan pentingnya belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55586

Actions (login required)

View Item View Item