Pembelajaran oleh instruktur dalam pandangan peserta pelatihan (studi fenomenologi pada pelatihan teknik dasar menggambar karakter di PKBM ZamZam Malang) / Dimas Asih Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran oleh instruktur dalam pandangan peserta pelatihan (studi fenomenologi pada pelatihan teknik dasar menggambar karakter di PKBM ZamZam Malang) / Dimas Asih Rahayu

Dimas Asih (2011) Pembelajaran oleh instruktur dalam pandangan peserta pelatihan (studi fenomenologi pada pelatihan teknik dasar menggambar karakter di PKBM ZamZam Malang) / Dimas Asih Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Pelatihan Pembelajaran merupakan suatu proses perilaku seseorang diubah dibentuk atau dikendalikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran umum tentang pembelajaran oleh instruktur dalam pandangan peserta pelatihan di PKBM ZamZam Kota Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan dirancang dalam bentuk kualitatif studi fenomenologi. Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik wawancara pengamatan atau observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam pembelajaran yang dilakukan oleh instruktur dalam pandangan peserta pelatihan teknik dasar menggambar karakter yang dilaksanakan di PKBM ZamZam dilihat dari metode media dan evaluasi yang dilakukan menggunakan pembelajaran dengan pendekatan andragogi. Pembelajaran yang diterapkan lebih berpusat pada peserta pelatihan serta lebih bersifat mengarahkan peserta pelatihan untuk belajar menjadikan peserta sebagi sumber belajar serta keterlibatan secara aktif peserta pelatihan selama kegiatan pelatihan berlangsung. Peserta pelatihan teknik dasar menggambar lebih menyukai pelatihan yang bersifat partisipatif maksudnya yaitu peserta dilibatkan baik dalam setiap proses pembelajarannya maupun pada saat evaluasi ini merupakan prinsip dari pembelajaran andragogi. Kegiatan belajar berpusat pada peserta dan berasal dari pengalaman peserta pelatihan itu sendiri. Selain dikarenakan oleh proses pembelajarannya yang sesuai dengan usia peserta peserta pelatihan melakukan kegiatan belajar dalam kegiatan pelatihan juga dikarenakan oleh ketertarikan tersendiri peserta pelatihan terhadap instruktur pelatihan baik dari cara membelajarkan yang dilakukan oleh instruktur maupun dari sikap dan kepribadian instruktur tersebut. Dari hasil penelitian saran yang diajukan peneliti (1) PKBM ZamZam disarankan agar meningkatkan pemahaman tentang pembelajaran dengan menggunakan pendekatan andragogi khususnya bagi instruktur pelatihan. (2) bagi Jurusan Pendidikan Luar Sekolah disarankan untuk dapat membantu melakukan pendampingan kepada pihak PKBM ZamZam untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai andragogi khususnya bagi instruktur pelatihan agar program yang dilaksanakan dapat berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5558

Actions (login required)

View Item View Item