Penerapan model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite (Recall), and Review) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngantang pada mata pelajaran sejarah tahun ajaran 2009/2010 / Estiwin Lukitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite (Recall), and Review) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngantang pada mata pelajaran sejarah tahun ajaran 2009/2010 / Estiwin Lukitasari

Estiwin (2010) Penerapan model SQ3R (Survey, Question, Read, Recite (Recall), and Review) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngantang pada mata pelajaran sejarah tahun ajaran 2009/2010 / Estiwin Lukitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lukitasari Estiwin. 2009. Penerapan Model SQ3R (Survey Question Read Recite (Recall) And Review) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngantang Pada Mata Pelajaran Sejarah Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Siti Malikhah Towaf M. A. Ph. D. Pembimbing (2) Drs. Nur Hadi M. Pd. M. Si Kata Kunci Model SQ3R Prestasi Mata pelajaran sejarah memiliki arti strategis dalam pembentukan watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta dalam pembentukan manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan serta cinta tanah air. Mengingat sangat strategisnya fungsi pengajaran/pembelajaran sejarah maka guru sejarah dituntut untuk memiliki semangat dan gairah yang tinggi serta mampu melibatkan siswa dalam dimensi proses berpikir masa lampau-masa kini dan masa depan. Di SMA Negeri 1 Ngantang guru sejarah masih sering menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan kemudian memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan LKS. Hal ini menyebabkan prestasi belajar siswa kurang optimal. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi siswa adalah dengan penerapan model SQ3R (Survey Question Read Recite (Recall) and Review). Pembelajaran ini adalah strategi membaca yang dapat mengembangkan meta kognitif siswa yaitu dengan menugaskan siswa untuk membaca bahan belajar secara seksama dan cermat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan model SQ3R (Survey Question Read Recite (Recall) and Review) pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngantang (2) dan Apakah prestasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngantang meningkat setelah model SQ3R (Survey Question Read Recite (Recall) and Review) diterapkan pada mata pelajaran Sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model SQ3R (Survey Question Read Recite (Recall) and Review) pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngantang (2) dan Mengetahui apakah prestasi belajar siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngantang mengalami peningkatan setelah penerapan model SQ3R (Survey Question Read Recite (Recall) and Review). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngantang sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SQ3R berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar kognitif siswa pada tahap pra tindakan hanya mencapai 63 8 hal ini meningkat menjadi 82 3 pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 90 42 pada siklus 2. Prestasi belajar afektif siswa meningkat sebesar 5 38% dari 72 88 pada siklus 1 dan 78 26 pada siklus 2. Tampak bahwa penerapan model SQ3R dalam mata pelajaran Sejarah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Ngantang. Saran yang dapat diberikan yaitu bagi guru diharapkan mampu menerapkan pembelajaran yang lebih mengutamakan pengembangan diri siswa dengan memberikan ruang gerak yang cukup bagi siswa untuk mengaktualisasikan diri dan lebih terpusat pada siswa sehingga pembelajaran yang dilaksanakan dapat meningkatkan prestasi belajar dan mampu memberikan pembelajaran yang lebih bermakna pada diri siswa. Untuk memperoleh prestasi belajar yang lebih maksimal dalam penerapannya model SQ3R ini guru dapat pula memadukannya dengan metode-metode yang lainnya misalnya diskusi tanya jawab maupun konstektual dan lain-lain. Sedangkan bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dalam melakukan penelitian selanjutnya sehingga diperoleh temuan-temuan yang baru yang berguna bagi peningkatan kualitas maupun prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55548

Actions (login required)

View Item View Item