Pengembangan bahan ajar booklet tentang perlawanan Tentara PETA untuk pembelajaran sejarah kelas XI di SMAN 1 Talun Kabupaten Blitar / Edna Sari Kusuma Dewi

Dewi, Edna Sari Kusuma (2019) Pengembangan bahan ajar booklet tentang perlawanan Tentara PETA untuk pembelajaran sejarah kelas XI di SMAN 1 Talun Kabupaten Blitar / Edna Sari Kusuma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Dewi, Edna Sari Kusuma. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Booklet Tentang Perlawanan Tentara Peta untuk Pembelajaran Sejarah Kelas XI di SMAN 1 Talun Kabupaten Blitar. Pembimbing: Dr. Ari Sapto, M.Hum. Kata Kunci: Bahan Ajar, Booklet, Perlawanan Tentara Peta. Pembelajaran sejarah di beberapa sekolah, saat ini telah menggunakan Kurikulum 2013 Revisi. Kurikulum ini mengarahkan siswa untuk belajar mandiri melalui Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) yang dapat diakses di website sekolah. Proses pembelajaran yang demikian, terkadang mengalami hambatan ketika koneksi internet terputus, sehingga website tidak dapat dibuka oleh siswa. Pada kondisi yang demikian, penggunaan bahan ajar cetak sangat diperlukan. Bahan ajar booklet dapat dijadikan alternatif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Adapun penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa booklet dengan materi Perlawanan Tentara Peta di Blitar untuk memperkuat pembelajaran sejarah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Reseacrh and Development (R&D) menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi yaitu sebagai berikut: 1) Analisis kebutuhan, 2) Penyusunan draft produk, 3) Validasi ahli materi dan ahli media/produk, 4) Revisi draft produk, 5) Uji coba produk, 6) Revisi Produk, 7) Uji pemakaian produk, 8) Penyempurnaan produk. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh dari angket tersebut adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah berupa bahan ajar booklet dengan judul Perlawanan Tentara Peta di Blitar. Isi dari booklet terbagi menjadi tiga materi yaitu Pembentukan Tentara Peta, Perlawanan Tentara Peta, dan foto tokoh-tokoh Perlawanan Tentara Peta. Hasil vaidasi materi memperoleh skor 54 dengan presentase 90% yang masuk dalam kriteria sangat valid, dan selanjutnya dari hasil validasi ahli media/produk memperoleh skor 51 dengan presentase 98,07% yang masuk dalam kriteria sangat valid. Hasil uji coba produk pada kelompok kecil mendapatkan skor sebesar 311 dengan presentase 77,75% yang masuk dalam kriteria cukup valid, kemudian pada uji pemakaian produk dalam kelompok besar memperoleh hasil skor sebesar 1197 dengan presentase 85,5%, sehingga masuk kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, pemanfaatan booklet sebagai bahan ajar sangat efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah. Bahan ajar booklet berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut menggunakan materi sejarah yang lainnya, sehingga diharapkan ke depannya ada penelitian lanjutan terhadap booklet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55401

Actions (login required)

View Item View Item