Pengembangan buku dengan muatan sejarah lokal buruh migran Malang Selatan (1970-1998) di SMA PGRI Gedangan Malang / Mochammad Rizqi Fauzi

Fauzi, Mochammad Rizqi (2019) Pengembangan buku dengan muatan sejarah lokal buruh migran Malang Selatan (1970-1998) di SMA PGRI Gedangan Malang / Mochammad Rizqi Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fauzi, Mochammad Rizqi. 2019. Pengembangan Buku dengan Muatan Sejarah Lokal Buruh Migran Malang Selatan di SMA PGRI Gedangan Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Reza Hudiyanto, M.Hum. Kata Kunci: buruh migran, buku, sejarah lokal Mata pelajaran sejarah sering dianggap mudah bahkan digampangkan. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti metode pengajaran guru yang membosankan dan cenderung mendorong siswa untuk menghafal. Di SMA PGRI Gedangan, khususnya kelas XII IPS, siswa hanya menggunakan LKS sebagai sumber belajar utama dan tanpa menggunakan sumber belajar lain dan tidak membahas tentang peristiwa-peristiwa lokal yang ada di lingkungan siswa. Peristiwa lokal yang terdapat di lingkungan siswa seharusnya dicantumkan dalam materi sejarah sehingga siswa lebih tertarik dalam belajar sejarah. Untuk itu, dikembangkan bahan ajar berupa buku dengan muatan sejarah lokal buruh migran Malang Selatan (1970-1998) yang berisi mengenai peristiwa atau fenomena sejarah lokal. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa buku dengan muatan sejarah lokal buruh migran Malang Selatan (1970-1998). Pengembangan didasarkan pada masalah yang ditemukan oleh peneliti saat melakukan observasi dan wawancara. Implikasi dari tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk melihat keefektifan produk yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan oleh Borg and Gall yang kemudian disederhanakan oleh Maman Rachman menjadi enam langkah penelitian yaitu: (1) melakukan analisis produk; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli; (4) uji coba lapangan; (5) revisi produk; dan (6) produksi massal. Produk buku dengan muatan sejarah lokal buruh migran Malang Selatan (1970-1998) telah melalui tiga tahapan. Tahapan pertama yaitu validasi materi dengan hasil validasi yang menunjukkan persentase sebesar 91% dan masuk kategori sangat valid. Tahapan kedua yaitu validasi media dengan persentase sebesar 95% dan masuk kategori sangat valid. Tahapan ketiga yaitu uji coba kelompok kecil dengan persentase sebesar 86% dan meningkat pada uji coba kelompok besar dengan persentase sebesar 92% serta masuk kategori sangat valid. Peningkatan ini disebabkan pada saat uji coba kelompok besar siswa menggunakan secara langsung buku dalam proses pembelajaran sejarah, sehingga mereka mengetahui kelebihannya buku tersebut. Melihat hasil yang telah diperoleh, dapat dikatakan bahwa buku dengan muatan sejarah lokal buruh migran Malang Selatan (1970-1998) sangat valid dan layak digunakan dalam proses ii pembelajaran sejarah. Akan tetapi, perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut dari buku ini. Salah satu pengembangan yang bisa dilakukan ialah dengan membuat buku dalam bentuk aplikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55400

Actions (login required)

View Item View Item