Kurniawan, Moh. Asif Maksum (2015) Pengembangan media animasi pembelajaran interaktif mata pelajaran matematika materi "balok" untuk siswa kelas VIII di SMPN 1 Bagor Nganjuk / Moh. Asif Maksum Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Kurniawan Moh. Asif Maksum. 2014. Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Matematika Materi Balok untuk Siswa SMP Kelas VIII di SMPN 1 Bagor Nganjuk . Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus JE Toenlioe M. Pd (II) Eka Pramono Adi S.IP .M.Si Kata Kunci Pengembangan Media Interaktif Matematika Balok SMP Kelas VIII Media interaktif merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk menunjang proses pembelajaran agar dapat terjadi suatu interaksi dalam komponen-komponen pendidikan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMPN 1 Bagor Nganjuk sebagian besar guru menggunakan metode ceramah dan hafalan yang dibantu dengan media gambar 2 dimensi sehingga siswa kurang antusias dan proses pembelajaran terkesan membosankan terutama pada mata pelajaran matematika yang membutuhkan projected motion media (media gerak yang diproyeksikan).Untuk itulah pengembang mencoba membuat suatu media yang dapat menarik antusiasme siswa. Untuk itulah penulis mencoba membuat suatu media yang dapat menarik antusiasme siswa. Dalam hal ini penulis memilih mengembangkan media animasi pembelajaran interaktif mata pelajaran Matematika kelas VIII materi Balok. Penulis berharap pembuatan media animasi pembelajaran interaktif mata pelajaran Matematika kelas VIII materi Balok ini menjadi suatu alternatif solusi dari permasalahan pembelajaran matematika tersebut. Tujuan dari pengembangan media ini adalah untuk menghasilkan produk media animasi pembelajaran yang valid pada mata pelajaran matematika materi balok untuk siswa kelas VII di SMPN I Bagor Nganjuk Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Sadiman (2002). Dalam sistematika pengembangannya terdapat langkah-langkah yang akan dilakukan guna mencapai hasil yang diharapkan. Adapun tahap-tahap tersebut antara (1) analisis kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) studi materi (4) mengembangkan alat evaluasi (5) menyusun naskah (6) produksi (7) petunjuk pemanfaatan (8) validasi (9) revisi (10) produk siap dimanfaatkan. Subyek uji coba dalam pengembangan media animasi interaktif ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 1 Bagor Nganjuk. Pengumpulan data dilakukan melalui instrument angket ahli media ahli materi dan audiens/siswa. Untuk hasil belajar siswa digunakan evaluasi bentuk tes. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi ahli media ahli materi dan siswa adalah persentase sedangkan untuk mengolah hasil belajar siswa berpedoman pada SKM (Standar Ketuntasan Minimum) dari SMPN 1 Bagor Nganjuk. Hasil pengembangan media animasi interaktif ini memenuhi kriteria valid/layak yakni ahli media 95% ahli materi 92 50% dan hasil uji coba lapangan adalah 87 71%. Sedangkan untuk tes hasil belajar pada uji coba lapangan siswa yang memenuhi SKM sebanyak 92 21% . Dengan demikian media animasiinteraktif ini bisa dikatakan efektif dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang diajukan kepada guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMPN 1 Bagor Nganjuk adalah hendaknya media animasi interaktif ini dapat digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam pembelajaran matematika. Sedangkan untuk pengembang selanjutnya diharapkan mengkaji lebih dalam pada saat pemilihan materi pemilihan sofware yang digunakan sehingga dapat menghasilkan media pembelajaran yang lebih baik tepat guna dan tepat sasaran sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/554 |
Actions (login required)
View Item |