Pengembangan media Histori Timeline (Hisline) berbasis Appy Pie materi pergerakan nasional bagi siswa kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung / Mei Eka Anggraini

Anggraini, Mei Eka (2019) Pengembangan media Histori Timeline (Hisline) berbasis Appy Pie materi pergerakan nasional bagi siswa kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung / Mei Eka Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Anggraini, Mei Eka. 2019. Pengembangan Media History Timeline (Hisline) Berbasis Appy Pie Materi Pergerakan Nasional Bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum. Kata Kunci: media pembelajaran, history timeline, appy pie, pergerakan nasional. Media pembelajaran adalah sarana yang digunakan untuk membantu proses belajar sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran dengan baik. Namun, banyak guru yang kurang memaksimalkan fasilitas dan media yang ada dalam proses pembelajaran dalam kelas. Seperti yang terjadi pada kelas X TEI 2 dan X TIT 3 SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Berdasarkan data dari nilai siswa menunjukkan bahwa kelas X TEI 2 dan X TIT 3 hasil Ujian Tengah Semester (UTS) pada matapelajaran sejarah tergolong rendah dari pada kelas lainnya. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan penggunaan media yang tepat. Penggunaan media pembelajaran sejarah pada dasarnya adalah untuk mempermudah siswa dalam memvisualkan suatu peristiwa, khususnya yang terkait dengan waktu. Salah satu keterkaitan waktu adalah materi Pergerakan Nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk media History Timeline (Hisline) berbasis Appy Pie serta menguji kelayakan dan efektifitas produk yang dihasilkan. Metode yang digunakan peneliti adalah model pengembangan dari Sugiyono yakni: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk akhir, (10) produksi masal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan cara mengumpulkan data secara verbal berupa catatan, komentar, kritik dan saran dari ahli materi dan media. Sedangkan teknik analisis data kuantitatif diperoleh dari kuesioner angket dari validasi ahli materi, validasi ahli media, angket dari siswa, pre test dan post test Hasil penelitian ini telah teruji kelayakanya dengan kategori sangat layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Hal ini terlihat dari hasil validasi dari ahli materi dan media menunjukkan persentase sebesar 90%. Hasil uji coba yang dilakukan kepada kelompok kecil menunjukkan persentase sebesar 95,8%. Hasil uji coba lapangan atau kelompok besar menunjukkan persentase 93,15%. Hasil implementasi menyebutkan nilai rata-rata peserta didik kelas X TEI 2 pada pre test adalah 60,5 dan pada post test adalah 85,5. Sedangkan nilai rata-rata peserta didik kelas X TIT 3 pada pre test adalah 57,7 dan pada post test adalah 89,6 dengan demikian tujuan dari penelitian dan pengembangan ini telah tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55398

Actions (login required)

View Item View Item