Upaya organisasi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dalam menumbuhkan semangat kebangsaan pada kalangan remaja Kota Malang tahun 2015-2018 / Nurmei Bella Arsita

Arsita, Nurmei Bella (2019) Upaya organisasi Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dalam menumbuhkan semangat kebangsaan pada kalangan remaja Kota Malang tahun 2015-2018 / Nurmei Bella Arsita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Bella, Arsita, Nurmei. 2019. Upaya Organisasi Lembaga Dakwah Islam (LDII) Dalam Menumbuhkan Semangat Kebangsaan Pada Kalangan Remaja Kota Malang Tahun 2015-2018 Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Najib Jauhari, S.Pd, M.Hum. Kata Kunci : LDII, Karakter Bangsa, Upaya Organisasi LDII berkembang pesat di Malang. Kegiatan yang berkesan eksklusif menjadikan perbincangan bagi masyarakat luas. Hal tersebut menimbulkan banyak masyarakat yang menyatakan bahwa ajaran LDII dianggap sesat atau melenceng dari ajaran agama Islam. LDII berusaha memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat luas dengan berbagai program - program yang diadakan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal. Pertama, latar belakang berdirinya LDII di Kota Malang. Kedua, upaya LDII dalam menumbuhkan semangat kebangsaan pada kalangan remaja Kota Malang 2015-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertumpu pada titik fakta sosial yang digambarkan adanya situasi dan kondisi yang ada. Dalam pengumpulan data, peneliti memakai metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan sumber data sekunder dan sumber data primer. Sumber data primer diperoleh dari informan dan foto hasil penelitian, sedangkan sumber data sekunder dari dokumen tertulis. Dari penelitian ini diperoleh, dua kesimpulan sebagai berikut. Pertama, berdirinya LDII di Kota Malang berawal dari pengajian, kemudian membentuk organisasi yang mempunyai visi, misi, tujuan dan sasaran dalam perkembangannya. Persebaran LDII di Kota Malang sampai saat ini sudah ada 5 PC dan 34 PAC yang tersebar Se-Kota Malang. Kedua, upaya organisasi LDII dalam menumbuhkan semangat bangsaan pada kalangan remaja dengan cara mengadakan kegiatan upacara bendera sebagai wujud menanamkan nilai-nilai kebangsaan yang ada dalam setiap susunan upacara. Dalam melestarikan budaya bangsa mewajibkan para remajanya untuk memakai seragam batik sebagai wujud cinta tanah air. LDII juga memberikan pembekalan seputar wawasan kebangsaan pada kalangan remaja. Untuk mendukung kegiatan diatas, LDII mencanangkan program tiga target keberhasilan remaja dan 6 karakter luhur. Kedua program tersebut juga termasuk bentuk usaha LDII dalam pembentukan karakter bangsa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55397

Actions (login required)

View Item View Item