Pengembangan media pembelajaran permainan kotak-katik sejarah berbasis microsoft powerpoint dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 10 Malang / Hafidh Ikhsan Fauzi

Fauzi, Hafidh Ikhsan (2019) Pengembangan media pembelajaran permainan kotak-katik sejarah berbasis microsoft powerpoint dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 10 Malang / Hafidh Ikhsan Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fauzi, Hafidh Ikhsan. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Kotak-katik Sejarah berbasis Microsoft Powerpoint dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati, M.Hum. Kata Kunci: kotak-katik, microsoft powerpoint, SMKN 10 Malang. Matapelajaran sejarah merupakan salah satu pelajaran yang penting dalam Ilmu Pengetahuan Sosial. Karena realitas kehidupan hari ini adalah hasil aktivitas masa lalu, dan cermin masa depan. Dengan kata lain sejarah mempunyai peran penting dalam membentuk masa yang akan datang melalui peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu. Problematika dalam pembelajaran sejarah di SMK Negeri 10 Malang tidaklah terlepas dari aspek-aspek pendidikan yang ada. Dimana permasalahan utama yang sering muncul adalah permasalahan mengenai daya tarik media pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu media pembelajaran permainan kotak-katik sejarah berbasis Microsoft Powerpoint digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan serta meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran sejarah. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran permainan kotak-katik berbasis Microsoft Powerpoint dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 10 Malang, dan (2) mengetahui efektivitas media pembelajaran permainan kotak-katik berbasis Microsoft Powerpoint dalam pembelajaran sejarah kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 10 Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan, yang terdiri dari sepuluh tahapan yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi akhir. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media, serta angket respon peserta didik dengan penilaian dalam bentuk Skala Likert. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran permainan kotak-katik sejarah berbasis Microsoft Powerpoint yang mengangkat materi Islamisasi di Indonesia berdasarkaan Kompetensi Dasar 3.7 yang tertera dalam Kurikulum 2013 edisi revisi. Media ini dinyatakan layak dan efektif. Hal ini berdasarkan pada hasil validasi oleh ahli materi dengan rata-rata persentase 82% dan ahli media dengan rata-rata persentase 86,6%, sehingga media ini dinyatakan sangat valid, layak, dan dapat diujicobakan. Serta hasil uji coba kelompok kecil dengan hasil rata-rata persentase 87,5% dan uji coba kelompok besar dengan rata-rata persentase 86,2%, sehingga media ini dinyatakan sangat efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 10 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55396

Actions (login required)

View Item View Item