Pengaruh strategi KWL (Know, Want, Learn) terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas X-TKJ 2 SMKN 2 Turen tentang materi perjuangan menghadapi disintegrasi bangsa (1948-1965) / Huda Wisesa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi KWL (Know, Want, Learn) terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas X-TKJ 2 SMKN 2 Turen tentang materi perjuangan menghadapi disintegrasi bangsa (1948-1965) / Huda Wisesa

Wisesa, Huda (2019) Pengaruh strategi KWL (Know, Want, Learn) terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas X-TKJ 2 SMKN 2 Turen tentang materi perjuangan menghadapi disintegrasi bangsa (1948-1965) / Huda Wisesa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Wisesa Huda. 2018. Pengaruh Strategi KWL (Know Want Learn) Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas X-TKJ 2 SMKN 2 Turen Materi Perjuangan Menghadapi Disintegrasi Bangsa (1948-1965). Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci Startegi KWL (Know Want Learn) pemahaman siswa. Dalam proses pembelajaran sejarah tentunya banyak menggunakan sumber-sumber tertulis yang mengaharuskan siswa untuk membaca guna memperoleh pengetahuan. Dalam kaitannya dengan hal tersebut peneliti menemukan suatu permasalahan yang terjadi di SMKN 2 Turen yaitu daya baca siswa yang kurang sehingga menimbulkan pemahaman mereka dalam pembelajaran tidak maksimal. Kurangnya pemahaman siswa dalam belajar dapat dibuktikan dengan siswa tidak dapat menjawab pertanyaan ketika ditanya kembali oleh guru siswa tidak mampu menjelaskan kembali materi dan siswa tidak menanyakan kembali atau tidak ada respon balik. Strategi KWL (Know Want Learn) merupakan salah satu alternatif strategi membaca untuk mengatasi masalah tersebut. Strategi KWL dimana setiap fasenya memberikan kesempatan kepada siswa untuk berfikir dan memfokuskan diri pada bacaan tertentu. Terdapat dua rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana keterlaksanaan penggunaan strategi KWL dan bagaimana pengaruh strategi KWL (Know Want Learn) terhadap pemahaman belajar siswa pada Kelas X-TKJ 2 SMKN 2 Turen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental design khusus pada design one group pretest-posttest design dimana penelitian ini menekankan pada pengumpulan data dengan pemberian soal pilihan ganda pada saat pretest dan posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan non-probability sampling menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan dimana peserta didik dalam kelas X TKJ 2 tersebut lebih aktif dibandingkan dengan kelas yang lain dan karakteristik peserta didik di kelas tersebut dalam menjawab pertanyaan sangat bergantung dengan teks tanpa mengolah ataupun memahami bacaan yang telah lebih dulu diberikan. Alasan penggunaan sample kelas X di SMK dikarenakan mata pelajaran sejarah sekarang hanya terdapat pada kelas X saja. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan Paired Sampel Test. Berdasarkan penelitian dapat dilihat nilai pretest dengan hasil rata-rata 36.51 dan nilai posttest dengan hasil rata-rata 76.82. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata postest lebih tinggi daripada pretest sedangkan hasil analisis uji t-test menunjukkan bahwa nilai thitung adalah 13 104 dan ttabel sebesar 1 708 dengan signifikan 0 00

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55394

Actions (login required)

View Item View Item