Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X-IIS 2 di MAN 1 Malang Kabupaten Malang / Feny Mufidatul Khoiridah

Khoiridah, Feny Mufidatul (2019) Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X-IIS 2 di MAN 1 Malang Kabupaten Malang / Feny Mufidatul Khoiridah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Khoiridah, Feny Mufidatul. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Matapelajaran Sejarah Kelas X-IIS 2 di MAN 1 Malang Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Sejarah, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, MAN 1 Malang Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di MAN 1 Malang pada kelas X-IIS 2 ditemukan bahwa pada saat pembelajaran di kelas, guru lebih banyak menjelaskan materi melalui metode ceramah dengan menggunakan powerpoint sehingga selama proses pembelajaran siswa cenderung pasif, didalam kelas guru berperan sebagai pusat informasi yang menyebabkan siswa kurang terlatih untuk berpikir dalam mencari bahkan memecahkan sebuah permasalahan dan pembelajaran hanya berorientasi pada penguasaan materi saja. Sehingga menyebabkan siswa kurang dalam berpikir kritis. Maka diperlukan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan aktivitas berpikir kritis siswa, salah satunya yaitu model Problem Based Learning. Terdapat dua rumusan masalah yaitu: 1) bagaimana keterlaksanaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran sejarah kelas X-IIS 2 di MAN 1 Malang Kabupaten Malang, dan 2) bagaimana pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran sejarah kelas X-IIS 2 di MAN 1 Malang Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini yaitu pre-experimental design khusus pada bentuk one group pretest-posttest design dimana penelitian ini menekankan pada pengumpulan data dengan memberi soal essay pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Malang. Pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling dengan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan dari guru matapelajaran sejarah, sehingga dipilih satu kelas eksperimen yaitu X-IIS 2. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi indikator penilaian kemampuan berpikir kritis dan 5 soal essay. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan Paired Sampel Test dengan bantuan software SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian 1) Keterlaksanaan model Problem Based Learning dapat diketahui dari hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran yang menunjukkan semua fase terlaksana dengan baik. 2) Model Problem Based Learning berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai lembar observasi kemampuan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata sebesar 16,47 dengan persentase rata-rata sebesar 68,63% yang termasuk dalam klasifikasi baik. Kemudian rata-rata nilai pretest menunjukkan nilai sebesar 47,08 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 77,94. Hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis nilai tes memiliki sebesar 19,061 dengan sebesar 1,690 sehingga 19,061 1,690 dengan nilai signifikasi 0,00 < 0,05. Maka hasil uji hipotesis dalam penelitian ini disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55393

Actions (login required)

View Item View Item