Pengaruh model quantum learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X API SMKN 2 Turen Kabupaten Malang / Masfufatul Qolbiyyah

Qolbiyyah, Masfufatul (2019) Pengaruh model quantum learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X API SMKN 2 Turen Kabupaten Malang / Masfufatul Qolbiyyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Qolbiyyah, Masfufatul. 2018. ÔÇ£Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X API Smkn 2 Turen Kabupaten MalangÔÇØ . Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd. Kata Kunci: Quantum Learning, Hasil Belajar. Berdasarkan observasi di SMKN 2 Turen Kabupaten Malang pada siswa kelas X API, ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih banyak yang dibawah kriteria ketuntasan minimum. Dari data yang peroleh berdasarkan dokumentasi guru sejarah SMKN 2 Turen nilai ulangan harian siswa pada materi disintegrasi bangsa mendapatkan nilai terendah 35 dan tertinggi 65. Perolehan nilai tersebut menunjukan perolehan hasil belajar yang masih dibawah kriteria keetuntasan minimum, adanya permasalahan tersebut maka diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar. Model Quantum Learning merupakan sebuah model pembelajaran yang dapat membantu siswa memperoleh hasil belajar yang baik, sehingga sangat direkomendasikan untuk matapelajaran sejarah. Model Quantum Learning memiliki prispip AMBAK serta konsep TANDUR yang mampu menumbuhkan pengetahuan siswa dalam setiap penerapan sintaknya. Selain dapat membantu untuk menumbuhkan pengetahuan mereka dengan baik, Quantum Learning mampu menumbuhkan nilai karakter positif pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan model Quantum Learning terhadap hasil belajar pada kelas X API di SMKN 2 Turen; (2) mengetahui pengaruh model Quantum Learning terhadap hasil belajar pada kelas X API di SMKN 2 Turen . Populasi pada penelitian adalah kelas X API SMKN 2 Turen Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis pre-experimental design khusus pada design one group pretest-posttest design dimana peneliti mengumpulkan data dengan memberikan soal berupa pilihan ganda pada saat pretest dan posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan rata-rata nilai harian dimana pada kelas X API SMKN 2 Turen tergolong rendah. Teknik pengumpulan data menggunkan pemberian pretest dan posttest untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian model Quantum Learning terhadap berpengaruh hasil belajar siswa, dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest. Nilai pretest dengan hasil nilai rata-rata sebesar 29.08 sdan nilai posttest dengan hasil nilai rata-rata sebesar 76.77. Dengan adanya data tersebut yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi daripada pretest dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa. Kemudian hasil analisis data menggunakan uji t-test menunjukkan bahwa nilai &#119905;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892; sebesar 24.183 dengan &#119905;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897; 1.697 dengan nilai signifikan 0,00<0,05. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model vii Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran sejarah kelas X SMKN 2 Turen Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55392

Actions (login required)

View Item View Item