Penggunaan buku cerita bergambar peristiwa sekitar proklamasi untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IIS 2 SMAN 1 Ngimbang Lamongan / Alvin Daniswara

Daniswara, Alvin (2019) Penggunaan buku cerita bergambar peristiwa sekitar proklamasi untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IIS 2 SMAN 1 Ngimbang Lamongan / Alvin Daniswara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Daniswara, A. 2018. Penggunaan Buku Cerita Bergambar Peristiwa Sekitar Proklamasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IIS 2 SMAN 1 Ngimbang Lamongan. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewa agung gede agung, M.Hum., Kata Kunci: buku cerita bergambar, proklamasi, motivasi. Pada pendidikan di sekolah, guru berperan penting dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran di sekolah hendaknya didukung oleh kemampuan serta profesionalitas guru, seperti penyusunan RPP yang lebih tepat dan menarik. Dari hasil observasi dapat diketahui bahwa dalam proses pembelajaran di kelas dirasa membutuhkan buku yang dapat meningkatkan motivasi siswa terhadap matapelajaran sejarah karena buku yang selama ini digunakan oleh guru untuk mengajar hanya buku paket yang sebagian besar berisi teks saja, sehingga siswa merasa bosan terutama di jam-jam menjelang siang. Guru cenderung hanya menggunakan sebuah buku yaitu buku paket. Solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah rendahnya motivasi siswa kelas XI IIS 2 di SMAN 1 Ngimbang Lamongan salah satunya dengan menggunakan sebuah buku cerita bergambar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran melalui penggunaan buku cerita bergambar peristiwa sekitar proklamasi dan dampaknya terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Ngimbang. Buku cerita bergambar ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, data yang dikumpulkan adalah motivasi belajar siswa dengan menggunakan wawancara dan observasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar peristiwa sekitar proklamasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Alasan gambar dapat meningkatan motivasi belajar karena gambar dapat menjelaskan pengertian-pengertian yang tidak dapat dijelaskan oleh kata-kata, yaitu satu gambar sama nilainya dengan seribu kata. Untuk penggunaannya yaitu buku cerita bergambar dibagikan kepada siswa-siswi, selanjutnya siswa-siswi membaca materi sesuai dengan yang mereka pelajari pada pertemuan itu. Untuk hasil peningkatan motivasi belajar siswa dimana sebelum menggunakan buku cerita bergambar ini motivasi belajar siswa masih tergolong rendah yang dibuktikan dengan hasil observasi yang dilakukan oleh kedua observer yaitu perolehan skor rata-rata observasi/pengamatan sebesar 37.3%. hasil motivasi siswa sedikit demi sedikit meningkat pada siklus-siklus selanjutnya. Pada siklus satu pertemuan I perolehan skor rata-rata observasi/pengamatan sebesar 39.7%. pada siklus satu pertemuan II perolehan skor rata-rata observasi/pengamatan sebesar 52.25%. pada siklus dua pertemuan II perolehan skor rata-rata observasi/pengamatan sebesar 78,4%. Pada siklus dua pertemuan II perolehan skor rata-rata observasi/pengamatan sebesar 97.7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55391

Actions (login required)

View Item View Item