Pengembangan media pembelajaran history card berbasis QR code dalam pembelajaran sejarah materi proses masuk bangsa Eropa ke Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X KPR 1 SMK Negeri 11 Malang / Mazidatun Ni'mah

Ni'mah, Mazidatun (2019) Pengembangan media pembelajaran history card berbasis QR code dalam pembelajaran sejarah materi proses masuk bangsa Eropa ke Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X KPR 1 SMK Negeri 11 Malang / Mazidatun Ni'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN NiÔÇÖmah, Mazidatun. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran History Card Berbasis Qr Code dalam Pembelajaran Sejarah Materi Proses Masuk Bangsa Eropa ke Indonesia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X KPR I SMK Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum. Kata Kunci: media pembelajaran, history card, qr code, motivasi belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran sejarah sehingga membuat siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran sejarah dengan baik. Selain itu, motivasi belajar siswa juga cukup rendah terhadap matapelajaran sejarah karena siswa hanya terfokus pada pelajaran inti sesuai jurusannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran diperlukan untuk membuat siswa lebih tertarik dan termotivasi sehingga dapat mengikuti pembelajaran sejarah dengan baik. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah history card berbasis qr code. Media pembelajaran ini dikemas dalam bentuk kartu yang berjumlah 40 pcs dengan materi proses masuk bangsa Eropa ke Indonesia. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran history card berbasis qr code dan menguji kelayakan media, serta untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media history card berbasis qr code. Pada penelitian ini produk yang dihasilkan diterapkan pada kelas X KPR 1 karena kelas tersebut memiliki motivasi belajar yang lebih rendah dibandingkan dengan kelas X lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall (1989) (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan bentuk produk awal, (4) uji coba lapangan persiapan, (5) revisi produk utama, (6) uji lapangan utama, (7) pelaksaan revisi produk, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi produk akhir, (10) diseminasi dan implementasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, serta angket penilaian siswa terhadap media dan motivasi belajar siswa. Hasil uji perorangan mendapat presentase sebesar 71%, pada uji kelompok kecil sebesar 74%, dan uji kelompok besar atau lapangan sebesar 81%. Terdapat kenaikan presentase motivasi belajar siswa terhadap matapelajaran sejarah dilihat dari data angket yaitu sebelum menggunakan media sebesar 55% (kategori motivasi rendah), dan hasil sesudah menggunakan media sebesar 82% (kategori motivasi tinggi). Berdasarkan hasil presentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media history card berbasis qr code layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penulis berharap agar media pembelajaran history card berbasis qr code bisa dipergunakan dalam pembelajaran sejarah dan disempurnakan lagi sehingga dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55390

Actions (login required)

View Item View Item