Pengaruh LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis layout majalah terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah materi Kerajaan Demak kelas XI IPS 2 MAN Trenggalek / Usaifatul Hasanah

Hasanah, Usaifatul (2019) Pengaruh LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis layout majalah terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah materi Kerajaan Demak kelas XI IPS 2 MAN Trenggalek / Usaifatul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Joko Sayono, M. Pd., M. Hum. Kata Kunci: LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis layout majalah, hasil belajar, MAN Trenggalek LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis layout majalah merupakan LKPD yang memiliki tata letak, visual, dan rubrik seperti majalah. LKPD berbasis layout majalah memiliki kelebihan yakni menyampaikan ringkasan materi yang sesuai dengan singkat, bahasa yang digunakan cenderung ringan dan mudah dipahami, memiliki tampilan visual lebih menarik, dan memiliki banyak rubrik yang membangun pemahaman lebih cepat agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran cepat dan tepat. Rumusan masalah dari penelitian ini yakni mengetahui pengaruh LKPD berbasis layout majalah terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah materi Kerajaan Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan memanfaatkan metode eksperimen dengan rancangan penelitian one group pre-testÔÇôpost-test design. XI MAN Trenggalek terpilih menjadi populasi penelitian, sedangkan XI IPS 2 terpilih menjadi sample kelas eksperimen. Dalam mengukur hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan LKPD berbasis layout majalah peneliti mengukur hasil belajar menggunakan 20 soal pre-test, setelah menggunakan LKPD berbasis layout majalah peneliti mengukur hasil belajar peserta didik menggunakan 20 soal post-test. Data yang dikumpulkan oleh peneliti berupa data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yaitu data tes kemampuan awal (pre-test) dan data hasil belajar setelah diberi perlakuan (post-test), data gain score, serta data hasil uji validitas instrumen dalam penelitian. Hasil uji validasi materi dan media memiliki nilai 95 % valid dengan kriteria sangat valid. Sedangkan validasi instrumen soal melalui kisi-kisi soal memiliki angka 85% valid dengan keterangan kriteria sangat valid. Uji validasi butir instrumen soal dilakukan di kelas XI IPS 3 dan mencapai angka 100% valid. Hasil uji reliabilitas butir soal dilakukan menggunakan SPSS uji Cronbach Alpha dengan hasil 100% reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian eksperimen ini diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh LKPD berbasis layout majalah terhadap peningkatan hasil belajar sejarah peserta didik, (2) hasil belajar kelas eksperimen XI IPS 2 dengan jumlah nilai keseluruhan peserta didik pre-test yakni 1810 dan jumlah nilai keseluruhan peserta didik post-test yakni 2630 menghasilkan data gain score atau selisih antara post-test dan pre-test yaitu 820. Melalui rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan sebesar 22,7. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan pengaruh positif. Dapat disimpulkan bahwasanya LKPD berbasis layout majalah memiliki pengaruh terhadap kenaikan hasil belajar kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55389

Actions (login required)

View Item View Item