Penerapan film dokumenter Soekarno untuk meningkatkan minat belajar pada materi peristiwa proklamasi di kelas XI IPS1 SMA Negeri Bareng Jombang / Bagas One Sebastya Hadi

Hadi, Bagas One Sebastya (2019) Penerapan film dokumenter Soekarno untuk meningkatkan minat belajar pada materi peristiwa proklamasi di kelas XI IPS1 SMA Negeri Bareng Jombang / Bagas One Sebastya Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hadi, Bagas One Sebastya. 2018. Penerapan Film Dokumenter Soekarno Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Materi Peristiwa Proklamasi Di Kelas Xi Ips1 Sma Negeri Bareng Jombang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum Kata Kunci: PTK, proklamasi, minat belajar Proses pembelajaran yang tidak inovatif akan membuat siswa kurang aktif dalam kelas, siswa beranggapan bahwa materi pelajaran sejarah merupakan materi yang cukup dihafalkan, sehingga membuat siswa bosan dan kurang tertarik dengan pelajaran sejarah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul di kelas XI IPS 1 SMA Negeri Bareng yaitu kurang berminatnya siswa terhadap pelajaran sejarah. Hasil pengamatan dilapangan, ada 13 siswa dari 26 siswa dalam kelas bisa di buktikan kalau minat belajar siswa kurang. Untuk itu perlu adanya usaha yang dilakukan guru agar materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran menarik, menyenangkan, mudah diterima dan dipahami dengan menggunakan semaksimal mungkin indera yang dimiliki siswa. Solusi yang diberikan adalah dengan menggunakan media film dokumenter. Penggunaan media film ini merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran sejarah. Siswa akan memperoleh pengalaman empiris, mengasah imajinasi, meningkatkan psikomotor, dan memiliki solidaritas di lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat langkah yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan pendekatan kualitatif. PTK ini bertujuan untuk memperbaiki minat belajar, dimana PTK memiliki model siklus yang berbeda-beda. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan PTK Kemmis dan Mc Taggart yang menggunakan 2 Siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dengan menggunakan media Film Dokumenter siswa Kelas XI IPS 1 di SMA Negeri Bareng semakin meningkat minat belajarnya. Hal ini di ketahui dari lembar penilaian yang telah di lakukan oleh peneliti. Selain itu peningkatan tersebut dapat diketahui pula lewat angket yang telah di sebarkan kepada siswa. hal ini dapat dibuktikan dari siklus dengan rata kelas adalah 66, dan meningkat lagi dari 66 menjadi 80 pada siklus II. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, disarankan agar guru dapat menggunakan media film sebagai salah satu sarana penyampaian isi materi pelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55388

Actions (login required)

View Item View Item