Pengembangan modul sejarah materi pengaruh cuneiform pada peradaban Mesopotamia Kuno (3000 SM-600 SM) / Uzwanus Nur Rokhman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul sejarah materi pengaruh cuneiform pada peradaban Mesopotamia Kuno (3000 SM-600 SM) / Uzwanus Nur Rokhman

Rokhman, Uzwanus Nur (2019) Pengembangan modul sejarah materi pengaruh cuneiform pada peradaban Mesopotamia Kuno (3000 SM-600 SM) / Uzwanus Nur Rokhman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Rokhman Uzwanus Nur. 2018. Pengembangan Modul Sejarah Materi Pengaruh Cuneiform pada Peradaban Mesopotamia Kuno (3000 SM-600 SM). Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Mashuri M.Hum. Kata Sumber modul sejarah cuneiform Peradaban Mesopotamia. Permasalahan pembelajaran sejarah di MA Al Ma arif Singosari adalah kurangnya sumber belajar sehingga guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan berfokus pada buku paket yang disediakan sekolah. Terutama pada KD 3.11 4.11 pada mata pelajaran Sejarah kategori peminatan khususnya pada materi Peradaban Mesopotamia. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan mengembangkan modul sejarah sesuai dengan materi. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah mengembangkan modul sejarah materi pengaruh cuneiform pada peradaban Mesopotamia memenuhi standar isi/materi peradaban awal dunia (KD 3.11 KD 4.11). Hasil akhir dari penelitian dan pengembangan ini adalah modul yang memenuhi standar teknis sebuah modul yang baik sehingga layak digunakan. prosedur penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi dari model Sugiyono dengan tahapan dalam model penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian dan (9) revisi produk (10) produksi masal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu modul sejarah dengan materi cuneiform Peradaban Mesopotamia. Modul sejarah dengan materi cuneiform Peradaban Mesopotamia ini tergolong layak dan dapat diimplementasikan. Ahli materi memberikan nilai sebesar 78 57% (cukup valid dan tidak perlu revisi) dan ahli media memberikan nilai sebesar 88 5% (valid dan tidak perlu revisi). Hasil angket penilaian responden uji coba menunjukkan bahwa media pembelajaran tergolong dalam kategori layak. Nilai hasil persentase uji coba pada kelompok kecil menunjukkan nilai sebesar 85 25% sedangkan nilai hasil persentase uji coba kelompok besar menunjukkan nilai sebesar 88% dengan kategori valid. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul sejarah dengan materi cuneiform Peradaban Mesopotamia ini efektif untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah di MA AL Ma arif Singosari Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55386

Actions (login required)

View Item View Item