Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia Kelas X KPR di SMK Negeri 11 Malang / 'Afifah Nur Khumairoh

Khumairoh, 'Afifah Nur (2019) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia Kelas X KPR di SMK Negeri 11 Malang / 'Afifah Nur Khumairoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Khumairoh, Afifah Nur. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran Sejarah Kelas X KPR di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Najib Jauhari, S.Pd., M.Hum Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif tipe Giving Question and Getting Answer, Hasil Belajar Model pembelajaran kooperatif tipe GQGA merupakan model pembelajaran yang diciptakan dan dikembangkan oleh Spencer Kagan sebagai model yang tidak terikat pada aturan tertentu, melainkan membebaskan siswa untuk melakukan proses pembelajaran secara kooperatif. Siswa diberikan kebebasan untuk bertanya tentang materi yang tidak dipahami, sedangkan untuk menjawab pertanyaan siswa mencari informasi terkait dengan materi yang diajarkan. Selain itu, siswa dituntut untuk paham dengan materi tersebut sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan dengan baik. Sehingga informasi dan pemahaman materi yang dimiliki oleh siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe GQGA pada matapelajaran sejarah Indonesia kelas X KPR di SMK Negeri 11 Malang. 2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GQGA pada matapelajaran sejarah Indonesia terhadap hasil belajarsiswakelas X KPR di SMK Negeri 11 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Pre-Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X KPR SMKN 11 Malang. Sebelum diujicobakan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda butir soal. Sumber data diperoleh dari hasil pretest dan posttest kelas eksperimen. Selanjutnya dianalisis dengan uji normalitas. Sedangkan untuk menguji hipotesis penelitian untuk data menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pelaksaan model pembelajaran kooperatif tipe GQGA dilakukan sesuai dengan sintak dari model pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil observasi keterlaksaan model pembelajaran diperoleh hasil bahwa aspek yang diamati oleh observer telah dilaksanakan sesuai dengan sintak model pembelajaran kooperatif tipe GQGA. 2) Model pembelajaran kooperatif tipe GQGA dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran sejarah di SMK Negeri 11 Malang. Hal ini sesuai dengan uji hipotesis bahwa H1 diterima dengan bukti bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel nilai dari nilai uji hipotesis dari pretest dan posttest dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel yakni 23,473 (thitung) &#8805; 1,708 (ttabel) dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat dikemukakan adalah: 1) Guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer (GQGA) dalam pembelajaran sejarah. 2) Guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer (GQGA) untuk mengembangkan kemampuan kognitif hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55385

Actions (login required)

View Item View Item