Penerapan pendidikan nilai budaya dan karakter bangsa di MAN Nganjuk: studi kasus nilai disiplin pada pembelajaran sejarah / Clara Kurnia Akbar

Akbar, Clara Kurnia (2019) Penerapan pendidikan nilai budaya dan karakter bangsa di MAN Nganjuk: studi kasus nilai disiplin pada pembelajaran sejarah / Clara Kurnia Akbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Akbar, Clara Kurnia. 2018. Penerapan Pendidikan Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Di Man Nganjuk: Studi Kasus Nilai Disiplin Pada Pembelajaran Sejarah. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mashuri, M.Hum Kata Kunci: Nilai Budaya dan Karakter Bangsa, Disiplin, Pembelajaran Sejarah Pelajaran sejarah merupakan salah satu muatan pelajaran yang ada pada jenjang sekolah tingkat SMA/SMK/MA. Dalam pembelajaran sejarah, guru dituntut untuk menyampaikan materi pembelajaran agar dapat dipahami oleh siswa dengan baik. Selama pembelajaran, tugas guru tidak hanya menyampaikan materi tetapi juga menerapkan sikap disiplin kepada siswanya. Penelitian ini memfokuskan kajian pada penerapan karakter disiplin dalam pembelajaran sejarah. Penerapan disiplin perlu diajarkan sebagai bekal siswa agar dapat bersikap dan berperilaku sesuai dengan etika, moral dan norma yang berlaku. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan pendidikan nilai budaya dan karakter bangsa aspek nilai disiplin dalam perencanaan pembelajaran sejarah di MAN Nganjuk, (2) Bagaimana penerapan pendidikan nilai budaya dan karakter bangsa aspek nilai disiplin dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah di MAN Nganjuk, (3) Bagaimana penerapan pendidikan nilai budaya dan karakter bangsa aspek nilai disiplin dalam evaluasi pembelajaran sejarah di MAN Nganjuk, (4) Bagaimana dampak penerapan pendidikan nilai budaya dan karakter bangsa terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran sejarah di MAN Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang menguraikan tentang penerapan karakter disiplin di MAN Nganjuk. Data penelitian ini didapatkan dari observasi atau pengamatan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menerapkan pendidikan karakter khususnya sikap disiplin, guru memberikan pengetahuan kepada siswa apa saja hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Selanjutnya, guru memberikan contoh perilaku disiplin kepada siswa agar mereka dapat meniru sesuatu yang baik dari guru. Ketika ada siswa yang melanggar peraturan atau berperilaku tidak disiplin guru memberikan dua tindakan. Pertama guru akan memberikan teguran dan menanyakan alasan siswa melakukan pelanggaran tersebut untuk kemudian diberikan penjelasan mengenai buruknya akibat dari pelanggaran yang dilakukan. Kedua guru memberikan sanksi atau hukuman kepada siswa yang melanggar peraturan dan berperilaku tidak disiplin. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada guru sejarah untuk terus meningkatkan penerapan pendidikan karakter disamping penerapan materi pembelajaran sejarah. Variasi metode pembelajaran juga turut berperan untuk meningkatkan fokus siswa kepada materi yang disampaikan, sehingga kecil kemungkinan siswa akan melakukan sikap tidak disiplin selama pelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55384

Actions (login required)

View Item View Item