Penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis Sparkol videoscribe untukm meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Purwosari / Lucky Al Hafzy

Al Hafzy, Lucky (2018) Penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis Sparkol videoscribe untukm meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Purwosari / Lucky Al Hafzy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hafzy. Lucky Al. 2017. Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Sparkol VideoScribe Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IBB SMA Negeri 1 Purwosari. Skripsi Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Dewa Agung Gede Agung. M.Hum. Kata Kunci Media Pembelajaran Audio Visual Sparkol VideoScribe Hasil Belajar SMA Negeri 1 Purwosari Sejarah merupakan salah satu matapelajaran di kelas yang dianggap membosankan oleh siswa alasan umumnya karena sejarah itu cerita hanya membahas mengenai peristiwa masa lalu. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas XI IBB SMA Negeri 1 Purwosari proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sejarah menggunakan media PPT (Power Point Text) papan tulis dan lembar kerja siswa. Peneliti menyimpulkan berdasarkan observasi hasil ulangan harian yang telah dilakukan mendapatkan hasil belajar di kelas XI IBB rendah hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media yang inovatif dan interaktif. Tidak digunakannya media pembelajaran yang inovatif dan interaktif mengakibatkan siswa cenderung bermain dan mengobrol dengan teman serta hasil belajar rendah. Peneliti mencari jawaban atas masalah (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis Sparkol Videoscribe kelas XI IBB SMA Negeri 1 Purwosari. (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Purwosari setelah penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis Sparkol Videoscribe. Prosedur penelitian menggunakan model spiral Kemmis dan Mc Taggrat yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan analisis dan refleksi. Proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran kartun sejarah berbasis Sparkol VideoScribe. Prasarana yang digunakan adalah LCD Laptop dan Speaker Aktif. Pengumpulan data dengan observasi catatan lapangan wawancara dan tes untuk mendapatkan data di kelas. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus tindakan. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap siklus mendapat alokasi waktu selama 4x45 menit dengan materi kronologi peristiwa proklamasi hingga perbedaan pendapat antara golong tua dan golongan muda dan penculikan Soekarno dan Moh. Hatta pada siklus I. Perumusan hingga pembacaan teks proklamasi dan dukungan bangsa Indonesia terhadap proklamasi pada siklus II. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Purwosari jumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis Sparkol VideoScribe meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IBB SMA Negeri 1 Purwosari. (2) berdasarkan analisis hasil belajar kelas XI IBB menunjukkan peningkatan dari pra tindakan sebesar 3 45% di siklus I meningkat menjadi 75% dan di siklus II meningkat menjadi 92 86%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis Sparkol VideoScribe meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IBB SMA Negeri Purwosari. Peningkatan ini ditujukan dengan persentase hasil belajar pada pra ii tindakan sebesar 3 45%. Siklus I meningkat menjadi 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 92 86%. Disarankan guru dapat menyesuaikan perkembangan teknologi dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55380

Actions (login required)

View Item View Item