Purwoko, Prida Eko Agung (2018) Penerapan outdoor learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPA 3 SMAN 1 Dagangan Kabupaten Madiun / Prida Eko Agung Purwoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Purwoko Prida Eko Agung. 2018. Penerapan Outdoor Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Matapelajaran Sejarah Kelas XI IPA 3 SMAN 1 Dagangan Kabupaten Madiun. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci outdoor learning hasil belajar Pembelajaran inovatif bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran outdoor learning merupakan salah satu dari model pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran outdoor learning mengajak siswa untuk melakukan pembelajaran langsung kepada objek yang akan dipelajari. Keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor di antaranya adalah peran guru dan siswa penerapan metode dan penggunaan media pembelajaran. Dari data observasi awal diketahui bahwa pada pra-tindakan ada 23 siswa yang tidak tuntas dalam evaluasi pembelajaran sejarah. Nilai rata-rata siswa hanya 61 56 sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah adalah 75. Setelah disebarkan angket diketahui penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak menarik bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan pembelajaran outdoor learning pada matapelajaran sejarah dan mengetahui hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran outdoor learning di SMAN 1 Dagangan. Metode penelitian yang digunakan adalah merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN Dagangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran outdoor learning. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan antara lain obeservasi lapangan wawancara serta tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu penerapan model pembelajaran outdoor learning di kelas XI IPA 3 terbukti dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada di kelas. Model pembelajaran outdoor learning dapat diterapkan dengan mengajak peserta didik atau siswa untuk secara langsung melihat mengamati dan mempelajari objek pembelajaran untuk merangsang daya kreatifitas siswa dan informasi yang didapat lebih mendalam dan luas. Sedangkan analisis data hasil belajar siswa pada pra-tindakan dengan nilai rata-rata 61 56 siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 73 43 dan pada siklus II kembali meningkat dengan nilai rata-rata 80 46.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |