Pengembangan bahan ajar booklet sejarah berbasis QR code dengan materi pertempuran TRIP Malang sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia untuk kelas XI Jasa Boga 2 di SMKN 1 Batu / Ganang Whisnu Oktavian Akhbar.

Akhbar, Ganang Whisnu Oktavian (2018) Pengembangan bahan ajar booklet sejarah berbasis QR code dengan materi pertempuran TRIP Malang sebagai upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia untuk kelas XI Jasa Boga 2 di SMKN 1 Batu / Ganang Whisnu Oktavian Akhbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Akhbar, Ganang Whisnu Oktavian. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Booklet Berbasis QR Code dalam pembelajaran Sejarah dengan Materi Pertempuran TRIP Malang sebagai Upaya Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di SMKN 1 Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum Kata Kunci: Bahan ajar, Booklet Sejarah berbasis QR Code, Pertempuran TRIP Malang Sejarah merupakan sebuah matapelajaran yang memiliki fungsi untuk menyadarkan adanya proses perubahan dan perkembangan masyarakat dalam dimensi waktu untuk membangun perspektif serta kesadaran sejarah dalam menemukan, memahami, dan menjelaskan jati diri bangsa ditengah perubahan dunia. Namun kenyataannya, di pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik kurang tertarik dan memaknai pelajaran sejarah. Banyak faktor yang membuat peserta didik kurang tertarik pelajaran sejarah, hal tersebut disebabkan kurangnya inovasi pada bahan ajar yang ada pada matapelajaran sejarah. Selain itu banyak dari peserta didik yang kurang begitu mengetahui berbagai peristiwa mempertahankan kemerdekaan Indonesia, padahal peristiwa tersebut terjadi di sekitar wilayah peserta didik. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan dan mengembangkan bahan ajar booklet sejarah berbasis QR Code dengan materi pertempuran TRIP Malang. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar booklet sejarah berbasis QR code. Bahan ajar booklet sejarah ini dibuat untuk menunjang pembelajaran sejarah dengan materi menganalisis strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, khususnya pada materi pertempuran TRIP Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Sugiyono. Prosedur penelitian dan pengembangan ini diantaranya, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk dan produksi akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti berupa lembar validasi ahli media dan validasi ahli materi, serta angket respon yang diisi oleh peserta didik. Hasil validasi materi sebesar 92% dan validasi media sebesar 95%. Selain itu hasil penelitian kelompok kecil mendapat presentase sebesar 86% dan pada ujicoba kelompok besar mendapat presentase 87%. Berdasarkan hasil presentase yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan ajar booklet sejarah berbasis QR Code layak digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran sejarah. Potensi booklet sejarah sebenarnya tidak hanya terbatas pada materi yang digunakan oleh peneliti, pendidik bisa mengembangkan materi lain untuk membuat peserta didik menjadi lebih mudah memahami materi dalam pelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55376

Actions (login required)

View Item View Item