Penerapan media teka-teki silang untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS bidang sejarah semester 2 siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Singosari Malang tahun ajaran 2010/2011 / Emawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media teka-teki silang untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS bidang sejarah semester 2 siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Singosari Malang tahun ajaran 2010/2011 / Emawati

Emawati (2018) Penerapan media teka-teki silang untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPS bidang sejarah semester 2 siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Singosari Malang tahun ajaran 2010/2011 / Emawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Emawati. 2011. Penerapan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Bidang Sejarah Semester 2 Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 3 Singosari Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Jurusan Sejarah FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Dewa Agung Gede Agung M. Hum Kata kunci Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Motivasi Belajar. Berdasarkan observasi awal terhadap guru dan siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Singosari Permasalahan pembelajaran yang dihadapi adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Rendahnya motivasi siswa ditandai dengan munculnya perilaku negatif dari siswa selama proses belajar mengajar berlangsung yaitu (1) Kurang antusias dalam mengikuti pelajaran sejarah (2) Kurang memperhatikan setiap petunjuk dan penjelasan guru (3) Tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru (4) Kurang aktif dalam kegiatan kelompok (5) Tidak mencatat penjelasan guru (6) Lambat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru (7) Kurang aktif menjawab pertanyaan guru (8) Tidak melaporkan hasil tugasnya kepada guru (9) Tidak pernah melontarkan pertanyaan di dalam kelas (10) Minat belajar mereka menurun ketika diterapkan media ceramah. Mengacu pada pentingnya meningkatkan motivasi belajar siswa maka pemanfaatan media pembelajaran Teka-Teki Silang dijadikan instrument yang dapat mendorong siswa untuk lebih giat belajar dengan suasana yang menyenangkan. Alasan pemilihan Teka-Teki Silang sebagai media belajar karena Teka-Teki Silang merupakan permainan kata yang sangat eduktif untuk merangsang siswa mengesplorasi sumber dan mengingat konsep-konsep sejarah sebagai pengetahuan awal siswa. Sebagai permainan kata populer Teka-Teki Silang dapat menarik minat siswa untuk mempelajari sejarah. Rumusan masalah pada penelitian ini (1) Bagaimanakah pemanfaatan media pembelajaran teka-teki silang pada mata pelajaran IPS Sejarah di kelas VIII A SMPN 3 Singosari (2) Apakah melalui pemanfaatan media pembelajaran tekateki silang pada mata pelajaran IPS Sejarah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VIII A SMPN 3 Singosari Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran teka-teki pada mata pelajaran IPS Sejarah di kelas VIII A SMPN 3 Singosari. (2) Mendeskripsikan peningkatan motivasi siswa melalui pemanfaatan media pembelajaran teka-teki silang pada mata pelajaran IPS Sejarah di kelas VIII A SMPN 3 Singosari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk menjawab masalah pertama maka tekhnik analisa yang digunakan melalui lembar observasi ketepatan guru yaitu dengan cara membandingkan presentase keberhasilan tindakan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran Teka-teki silang pada siklus 1 dan siklus 2. Sedangkan tekhnik analisa yang digunakan untuk menjawab masalah kedua adalah menggunakan format observasi penilaian motivasi belajar siswa yaitu dengan cara membandingkan persentase motivasi belajar siswa pada siklus 1 dan ii siklus 2. Selain itu peneliti juga menggunakan angket motivasi belajar yang diberikan kepada siswa. Mata pelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah IPS Sejarah untuk kelas VIII semester genap tahu pelajaran 2010/2011 yaitu terfokus pada materi Mendeskripsikan peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya Negara dan pemerintahan RI . Pelaksanaan pemanfaatan media pembelajaran Teka-teki silang dilakukan dalam dua siklus masing-masing siklus adalah dua kali pertemuan. Hal ini karena disesuaikan dengan program semester yang telah disusun oleh pihak sekolah. Pada setiap pertemuan terdiri dari tiga tahap sesuai dengan rencana pembelajaran yang disusun yakni tahap persiapan tahap pelaksanaan dan tahap penutup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pemanfaatan media pembelajaran Teka-teki silang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Singosari pada mata pelajaran IPS Sejarah. Adanya peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil presentase hasil penilaian observasi motivasi belajar siswa pada siklus 1 yaitu 73 66 % dan pada siklus 2 sebesar 86 53%. Peningkatan motivasi belajar sudah dapat dilihat pada siklus 1 dengan diterapkannya media Teka-Teki Silang didalam kelas. Indikator peningkatan motivasi dilihat dari perbandingan perilaku siswa sebelum diberi tindakan dan sesudah diberi tindakan. Sebelum diterapkan media Teka-Teki Silang siswa banyak yang tidak fokus dengan materi tetapi setelah diberikan tindakan sebagian besar siswa dapat fokus dengan materi dan minat baca mereka mulai tumbuh. Berdasarkan pada penelitian ini dapat disarankan pada guru-guru IPS khususnya sejarah hendaknya mulai mencoba pemanfaatan media pembelajaran Teka-Teki Silang dikelas karena terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Disamping itu melalui pemanfaatan media pembelajaran Teka-Teki Silang dapat dapat membantu siswa menciptakan suasana belajar yang aktif kreatif inofatif efektif dan menyenangkan sehingga tidak membosankan. Selain itu perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai pemanfaatan media pembelajaran Teka- Teki Silang dalam pembelajaran mata pelajaran sejarah dari sudut pandang yang berbeda seperti bagaimanakah pengaruh penerapan media Teka-Teki Silang bagi peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55374

Actions (login required)

View Item View Item