Dampak sosial ekonomi dan pendidikan dari perpindahan penggunaan ramp pump (dongki) ke pengairan terpadu di Dusun Supit Urang Desa Pagedangan Kecamatan Turen Kabupaten Malang tahun 2005-2015 / Gaguk Triosona Pradito

Pradito, Gaguk Triosona (2018) Dampak sosial ekonomi dan pendidikan dari perpindahan penggunaan ramp pump (dongki) ke pengairan terpadu di Dusun Supit Urang Desa Pagedangan Kecamatan Turen Kabupaten Malang tahun 2005-2015 / Gaguk Triosona Pradito. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pradito, Gaguk Triosona. 2017. Dampak Sosial Ekonomi dan Pendidikan dari Perpindahan Penggunaan Ramp Pump (Dongki) ke Pengairan Terpadu di Dusun Supit Urang Kecamatan Turen Kabupaten Malang Tahun 2005- 2015. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Joko Sayono, M.Hum., M.Pd, Kata kunci: Dampak sosial, dampak ekonomi, dampak pendidikan, pengairan terpadu. Ramp pump adalah teknologi untuk menarik air dari permukaan, Di Afganistan, Nepal, Thailand dan Malaysia tengah memakai teknologi terbaru dari Ramp Pump namun disini sebaliknya. Ramp Pump yang digunakan warga Dusun Supit Urang merupakan Ramp Pump sederhana dengan hasil yang kurang untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga. Perpindahan Teknologi ini membawa dampak yang besar dan menyeluruh untuk warga Dusun Supit Urang. Terdesak kebutuhan dasar akan air bersih warga masyarakat Dusun Supit Urang berganti dengan pengairan terpadu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kehidupan masyarakat Dukuh Supit Urang Desa Pagedangan Kecamatan Turen Kabupaten Malang saat masih menggunakan Ramp Pump, (2) Apa saja dampak perpindahan dari penggunaan Ram Pump ke pengairan secara terpadu bagi Dukuh Supit Urang Desa Pagedangan Kecamatan Turen Kabupaten Malang?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan cara untuk melakukan pengecekan keabsahan data adalah melalui perpanjangan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kehidupan masyarakat Dukuh Supit Urang Desa Pagedangan Kecamatan Turen Kabupaten Malang saat masih menggunakan Ramp Pump. Mendapati banyak konflik yang terjadi dalam masyarakat. Tentang ketidak merataan, permasalahan dalam sistem pemakaian. Perekeonomian yang mengandalkan pertanian dan peternakan dalam skala kecil. Tingkat pendidikan yang rendah. (2) Kehidupan Masyarakat semakin membaik dan terbukanya akses perekonomian dan meningkatnya semangat dalam menempuh pendidikan. Masih ada konflik yang terjadi dengan hal yang masih sama ketidak merataan. kesenjangan dalam dimensi ekonomi dan pendidikan. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah (1) Untuk penelitian yang lebih lanjut untuk mengkaji historis tentang sejarah Desa Pagedangan dan Dusun-dusun sekitarnya. (2) Mengembangkan dan memperdalam kajian mengenai segala aspek dinamika sosial, ekonomi dan pendidikan. (3) Memperdalam kajian mengenai konflik dalam masyarakat. (4) Memperdalam kajian mengenai kondisi pada saat masih belum menggunakan Ramp Pump.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55373

Actions (login required)

View Item View Item