Ilmiyah, Siti (2018) Pengembangan bahan ajar booklet "Peranan KH. Abdul Hamid dalam Islamisasi di Pasuruan" untuk pembelajaran sejarah Indonesia kelas X SMA Bayt Al-Hikmah Pasuruan / Siti Ilmiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ilmiyah Siti. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Booklet Peranan KH. Abdul Hamid dalam Islamisasi di Pasuruan untuk Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas X SMA Bayt Al-Hikmah Pasuruan. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Najib Jauhari S.Pd. M.Hum Kata Kunci bahan ajar booklet KH. Abdul Hamid Potensi dari penelitian ini yaitu banyak tokoh lokal yang berperan dalam penyebaran Islam di Pasuruan yang sejarahnya masih belum tertulis. Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemanfaatan kajian tentang peran tokoh lokal serta pengembangan bahan ajar yang menarik untuk pembelajaran sejarah. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah booklet yang dikembangkan dalam bentuk cetak. Bahan ajar booklet dikembangkan untuk pembelajaran sejarah kelas X SMA Bayt Al-Hikmah Pasuruan dengan mengacu pada Kompetensi Dasar 3.7. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar booklet Peranan KH. Abdul Hamid dalam Islamisasi di Pasuruan untuk menambah pemahaman peserta didik tentang peran tokoh lokal Pasuruan serta menguji efektivitas penggunaan bahan ajar booklet. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono dengan sembilan tahap tanpa melakukan tahap produksi masal. Sembilan tahap tersebut adalah potensi dan masalah pengumpulan data desain produk validasi desain revisi desain uji coba produk revisi produk uji coba pemakaian dan revisi produk. Bahan ajar booklet dikembangkan dengan struktur pendahuluan isi dan penutup. Bagian pendahuluan berisi kata pengantar daftar isi kurikulum yang terdiri atas kompetensi dasar indikator dan tujuan pembelajaran serta peta konsep. Bagian isi memuat konten materi yang dikemas dalam beberapa sub materi. Bagian penutup memuat daftar pustaka glosarium dan tentang penulis. Produk yang dihasilkan berukuran A5 terdiri dari 37 halaman dan dicetak menggunakan kertas artpaper dan full colour. Pada proses validasi diperoleh hasil validasi materi sebesar 95 % dan hasil validasi media 81 25 %. Berdasarkan data kuantitatif mendapatkan kriteria valid namun masih perlu dilakukan revisi berdasarkan komentar dan saran dari validator. Kemudian pada uji coba produk kelompok kecil memperoleh 89 58 % dan memperoleh 92 55 % pada kelompok besar. Berdasarkan data kuantitatif mendapatkan kriteria efektif namun masih perlu dilakukan revisi berdasarkan komentar dan saran dari penilaian peserta didik. Kesimpulannya yaitu tujuan penelitian ini telah tercapai terbukti dengan dihasilkannya bahan ajar booklet dan bahan ajar booklet sudah valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran sejarah. Saran bagi pengembang lainnya agar mengembangkan tulisan tentang peran tokoh lokal yang lain serta melakukan inovasi dan meningkatkan kreativitas dalam mengemas materi menjadi bahan ajar yang menarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |