Pemanfaatan tradisi bakar batu sebagai sumber belajar dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar sejarah siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Wondama Papua Barat / Lely Naomi Laelaem - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan tradisi bakar batu sebagai sumber belajar dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar sejarah siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Wondama Papua Barat / Lely Naomi Laelaem

Laelaem, Lely Naomi (2018) Pemanfaatan tradisi bakar batu sebagai sumber belajar dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar sejarah siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Wondama Papua Barat / Lely Naomi Laelaem. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Laelaem Lely Naomi 2018. Pemanfaatan Tradisi Bakar Batu Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sejarah Kelas X IPS 4 Di SMA NEGERI 1 WONDAMA Papua Barat. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Dr. Blasius Suprapta M.Hum. Kata Kunci Bakar Batu Papua Barat Keaktifan Belajar Berdasarkan hasil observasi awal di SMA Negeri 1 Wondama Kabupaten Teluk Wondama (Papua Barat) diperoleh informasi bahwa selama kegiatan pembelajaran sejarah peminatan berlangsung di kelas X IPS 4 banyak siswa yang kurang aktif ketika guru menyampaikan materi. Sikap aktif ini di tunjukkan dengan sedikitnya siswa yang bertanya berpendapat maupun mencatat point-point penting yang disampaikan guru. Disamping itu rata-rata nilai UTS kelas X IPS 4 juga tergolong rendah yakni 49 87 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 18 92%. Hanya terdapat 4 siswa yang mendapat nilai 70 (KKM) dari 24 siswa yang mengikuti tes. Rendahnya keaktifan dan hasil belajar yang diperoleh menyebabkan perlunya menerapkan metode pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar mereka. Untuk itu peneliti menerapkan metode pembelajaran Example Non Example. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Example Non Example untuk siswa kelas X IPS 4 (2) bagaimana penerapan metode pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X IPS 4 pada matapelajaran sejarah peminatan di SMA Negeri 1 Wondama. Penelitian ini termasuk kedalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksankan di kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Wondama dengan menerapkan metode pembelajaran Example Non Example. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus untuk mencapai tarap keberhasilan tindakan. PTK yang dilakukan oleh peneliti menggunakan tahap-tahap sesuai dengan teori Kemmis yang dikembangkan dari teori Arikunto Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I tarap keberhasilannya baik pada siklus II menjadi sangat baik. Penerapan metode pembelajaran Example Non Exampledapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Wondama. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata keaktifan siswa dari 6.6 pada siklus I menjadi 8.9 pada siklus II. Pada siklus I siswa kelas X IPS 4 masuk dalam klasifikasi kurang aktif yang kemudian pada sikulus II mengalami peningkatan sehingga masuk dalam klasifikasi aktif. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Persentase ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 32% dan meningkat menjadi 77% pada siklus II. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 55.05 menjadi 81.40. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalahh (1) kepada guru dapat menerapkan metode pembelajaran Example Non Example.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55370

Actions (login required)

View Item View Item