Anggrahini, Dwi (2018) Pengembangan modul pembelajaran sejarah materi Pendudukan Jepang di Indonesia kelas XI IPS SMAN 1 Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro / Dwi Anggrahini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Anggrahini Dwi. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Sejarah Materi Pendudukan Jepang di Indonesia Kelas XI IPS SMAN 1 Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro. Skripsi JurusanSejarah FakultasIlmuSosial UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. Marsudi M.Hum. Kata Kunci Bahan Ajar Pengembangan Modul Modul Pembelajaran Sejarah Sejarah merupakan salah satu pembelajaran yang penting disekolah tetapi dalam pembelajaran siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Kurangnya bahan ajar di sekolah membuat siswa kurang efektiv dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dalam pembelajaran sejarah agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan aktif. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah modul sejarah. Modul lebih efektif digunakan karena siswa akan belajar sesuai dengan kemampuannya secara mandiri. Sesuai dengan permasalahan yang ada peneliti mengembangkan modul sejarah yang berisi materi tentang pendudukan Jepang di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan poduk bahan ajar berupa modul sejarah untuk menambah pengetahuan siswa terhadap sejarah negaranya. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sugihwaras khusunya kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Langkah-langkah pengembangan modul meliputi analisis kebutuhan perencanaan pengembangan produk awal melakukan uji coba produk awal melakukan revisi uji lapangan dan revisi produk akhir. Uji coba lapangan dilakukan dengan metode eksperimen. Hasil penelitian diperoleh dari uji ahli uji kelompok kecil dan uji lapangan. Uji ahli dari 3 validator dari 3 aspek penilaian materi penyajian dan bahasa untuk mengetahui kevalidan modul diperoleh persentase 90% kategori valid dan tidak perlu revisi. Data uji kelompok kecil dan besar diperoleh dari aspek penilaian minat perhatian dan ketekunan Uji kelompok kecil dilakukan sebelum uji kelompok besar diperoleh persentase 88% dengan kriteria valid. Uji lapangan untuk mengetahui efektivitas modul setelah penggunaan modul dengan metode eksperimen menunjukkan perbandingan penggunaan modul sejarah dengan penggunaan buku sejarah. Perbandingan kelas eksperimen dan kelas control adalah 90% 65 %. Terdapat perbandingan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa perlakuan berpengaruh terhadap efektivitas penggunaan modul. Modul sejarah Indonesia dan buku sejarah layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55369 |
Actions (login required)
View Item |