Kemampuan mengajar guru dengan latar belakang non pendidikan sejarah dalam pembelajaran sejarah SMA sederajat di Kabupaten Malang / Saatul Mukaromah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan mengajar guru dengan latar belakang non pendidikan sejarah dalam pembelajaran sejarah SMA sederajat di Kabupaten Malang / Saatul Mukaromah

Mukaromah, Saatul (2018) Kemampuan mengajar guru dengan latar belakang non pendidikan sejarah dalam pembelajaran sejarah SMA sederajat di Kabupaten Malang / Saatul Mukaromah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mukaromah Saatul. 2018. Kemampuan Mengajar Guru dengan Latar Belakang Non Pendidikan Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah SMA Sederajat di Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Kata Kunci kemampuan mengajar guru non pendidikan sejarah pembelajaran sejarah non kompeten. Kemampuan mengajar guru merupakan kemampuan dalam mencapai tujuan kegiatan belajar mengajar yang meliputi penyusunan program pengajaran pelaksanaan program pengajaran dan pelaksanaan evaluasi dalam rangka untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Kemampuan mengajar guru dapat dilihat dari kemampuan menyusun perangkat pembelajaran yakni RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) kemampuan mengajar di kelas dan kemampuan melaksanakan evaluasi pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran salah satunya dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan hal tersebut beberapa sekolah SMA sederajat di Kabupaten Malang yakni di SMAN 1 Sumberpucung MAN 1 Malang dan SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo terdapat guru yang mengajar sejarah dengan latar belakang non pendidikan sejarah. Beberapa guru tersebut menarik untuk diteliti terkait dengan bagaimana kemampuan mengajar guru dengan latar belakang non pendidikan sejarah dalam pembelajaran sejarah yang meliputi kemampuan merencanakan menerapkan dan mengevaluasi pembelajaran sejarah sehingga berdampak terhadap kualitas pembelajaran sejarah dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mengajar guru dengan latar belakang non pendidikan sejarah dalam pembelajaran sejarah SMA Sederajat di Kabupaten Malang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah kemampuan mengajar guru dengan latar belakang non pendidikan sejarah dalam pembelajaran sejarah SMA sederajat di Kabupaten Malang. Subjek penelitian adalah lima guru yang mengajar sejarah SMA sederajat di Kabupaten Malang dengan latar belakang non pendidikan sejarah yakni guru A di SMAN 1 Sumberpucung dengan latar belakang pendidikan PKN guru B di MAN 1 Malang dengan latar belakang pendidikan akuntansi guru C di MAN 1 Malang dengan latar belakang pendidikan akuntansi guru D di MAN 1 Malang dengan latar belakang pendidikan akuntansi dan guru E di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo dengan latar belakang ekonomi. Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalahobservasi langsung wawancara dokumentasi pengolahan data dan analisis data. Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengajar guru dengan latar belakang non pendidikan sejarah dalam pembelajaran sejarah SMA Sederajat di Kabupaten Malang cukup baik dalam menyusun bahan dan landasan kependidikan seperti dalam penyusunan RPP. Namun dalam pelaksanaan dan menilai proses pembelajaran pada kenyataannya kurang aplikatif dan dalam hal penguasaan materi sejarah belum mendalam sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap sejarah kesadaran siswa terhadap sejarah dan berpikir kritis siswa terhadap sejarah. ii Saran penelitian ini adalah (1) Guru sejarah harus aktif mengembangkan keilmuannya dan berinovasi menerapkan strategi pembelajaran sejarah (2) Sekolah seharusnya mampu menyediakan sumber-sumber belajar tidak terbatas pada buku paket dan LKS saja (4) Dalam pengembangan penelitian ini ke arah lebih lanjut peneliti memberikan saran diharapkan ada penelitian mengenai upaya kepala sekolah dalam meningkatkan pengawasan kemampuan dan penilaian terhadap kemampuan mengajar guru sejarah dan kajian mengenai pengembangan sumber belajar sejarah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55368

Actions (login required)

View Item View Item