Marita, Dini Septi (2018) Pemanfaatan "Museum Malang Tempo Doeloe" sebagai sumber belajar sejarah bagi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang / Dini Septi Marita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi ABSTRAK Marita Dini Septi. 2018. Pemanfaatan Museum Malang Tempo Doeloe sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum. Kata Kunci Pemanfaatan Museum Malang Tempo Doeloe Sumber Belajar Variasi Belajar Museum Malang Tempo Doeloe merupakan museum sejarah kota milik swasta yang menyimpan koleksi benda-benda sejarah seni dan budaya lokal Malang mulai dari masa pra sejarah kerajaan Hindu-Budha pendudukan kolonial Belanda pendudukan Jepang pergerakan kemerdekaan Indonesia dan modern. Dewasa ini Museum Malang Tempo Doeloe semakin sering dimanfaatkan sebagai tujuan karya wisata edukasi oleh pelajar. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai pemanfaatan Museum Malang Tempo Doeloe sebagai sumber belajar sejarah bagi wisatawan pelajar. Koleksi benda-benda Museum Malang Tempo Doeloe relevan dengan materi sejarah yang diajarkan pada kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang melalui koleksi benda-benda museum tersebut siswa akan lebih mudah dalam memahami materi tentang kolonialisme dan imperialisme barat di Malang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui potensi Museum Malang Tempo Doeloe sebagai sumber pembelajaran sejarah dan menjelaskan pemanfaatan Museum Malang Tempo Doeloe sebagai sumber belajar sejarah bagi siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan cara observasi wawancara dokumentasi studi pustaka. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan triangulasi data. Tahap penelitian dimulai dari tahap persiapan penelitian pelaksanaan dan penulisan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dua simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama potensi yang dimiliki Museum Malang Tempo Doeloe adalah keadaan benda-benda koleksi yang masih baik sehingga layak digunakan sebagai sumber belajar. Ketersediaan pemandu Museum Malang Tempo Doeloe sehingga dapat memberikan informasi mengenai koleksi benda-benda museum. Adanya relevansi koleksi benda-benda Museum Malang Tempo Doeloe dengan materi sejarah kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang. Kedua pemaanfaatan Museum Malang Tempo Doeloe oleh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Malang adalah melalui karya wisata dengan pendekatan pembelajaran student centered learning. Melalui penjelasan dari informasi pemandu pengamatan koleksi benda-benda dan visualisasi serta deskripsi pada ruang-ruang museum Museum Malang Tempo Doeloe dalam pemanfaatannya sebagai sumber pembelajaran sejarah mampu memberikan variasi pada guru dalam kegiatan belajar mengajar dan meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran sejarah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Sep 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/55366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |