Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X Multimedia-B SMK 4 Malang / Eka Fujijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X Multimedia-B SMK 4 Malang / Eka Fujijaya

Fujijaya, Eka (2018) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X Multimedia-B SMK 4 Malang / Eka Fujijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Fujijaya Eka. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Multimedia-B SMK Negeri 4 Kota Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Pembimbing Drs. Mashuri M.Hum. Kata kunci Kooperatif Jigsaw hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran sejarah. Kurikulum yang diterapkan pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 4 Kota Malang tahun 2017/2018 mengakibatkan mata pelajaran sejarah hanya diajarkan pada kelas sepuluh. Kurikulum ini mengakibatkan banyaknya materi yang harus dipelajari dalam satu tahun. Kurangnya model pembelajaran metode ceramah yang membosankan dan pemberian tugas secara individu juga berperan penting dalam rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut penggunaan model kooperatif tipe jigsaw sangatlah tepat karena model ini dapat mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai pelajaran untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Metode digunakan pada penelitian ini adalah PTK. Proses pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan kegiatan observasi wawancara dokumentasi.Penelitian dilakukan sebanyak dua kali siklus dan setiap akhir siklus selalu diadakan post test untuk mengukur keberhasilan penerapan metode Jigsaw. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode Jigsaw diketahui adanya peningkatan hasil pembelajaran. Peningkatan ini ditunjukan dari meningkatnya nilai rata-rata siswa dan meningkatnya prosentase kelulusan. Pada pra-tindakan diketahui nilai rata-rata siswa sebesar 62 18 dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 79 dan peningkatan juga terjadi pada siklus II menjadi 80 88. Ketuntasan belajar yang semula 34 2% pada pra-tindakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55365

Actions (login required)

View Item View Item