Agresi militer Belanda di Mojokerto tahun 1947-1949 dan nilai edukasinya / Mochammad Yusuf Febrianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Agresi militer Belanda di Mojokerto tahun 1947-1949 dan nilai edukasinya / Mochammad Yusuf Febrianto

Febrianto, Mochammad Yusuf (2018) Agresi militer Belanda di Mojokerto tahun 1947-1949 dan nilai edukasinya / Mochammad Yusuf Febrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Febrianto Y. 2018.Agresi Militer Belanda di Mojokerto Tahun 1947-1949 Dan Muatan Edukasinya.Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.Dewa Agung Gede Agung M.Hum Kata Kunci Agresi Militer Linggajati Mojokerto. Perbedaan penafisiran terhadap isi perjanjian Linggajati menyebabkan Belanda melakukan agresi militer atas Indonesia yang berujung pada perjuangan Indonesia melalui revolusi fisik untuk mempertahankan kemerdekaannya. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah yang akan dibahas yaitu (1) Bagaimana Gambaran Umum Mojokerto Pada Agresi Militer Belanda (2) Bagaimana Peristiwa Agresi Militer Belanda Di Mojokerto Tahun 1947-1949 (3) Bagaimana Dampak Agresi Militer Belanda Di Mojokerto Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah (history research). Langkah yang diambil dalam proses penelitian ini meliputi pemilihan topik heuristik (pengumpulansumber) kritik interpretasi dan historiografi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut (1) Mojokerto menjadi basis militer Indonesia setelah Surabaya pada era revolusi fisik sebagai corong Republik Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan (2) Agresi militer di Mojokerto yang terjadi selama kurun waktu 1947-1949 menyatukan lapisan masyarakat untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tentara laskar sukarelawan dan masyarakat bersatu untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia (3) Agresi militer belanda di Mojokerto berdampak luas bagi sendi kehidupan masyarakat mulai dari perubahan pola mata pencaharian pola pikir dan sosial. Peran Mojokerto pada agresi militer belanda tahun 1947 1949 ini menunjukkan bahwa kemerdekaan Indonesia bukanlah hadiah dari Belanda ataupun Jepang tetapi hasil dari usaha dan perjuangan para pejuang untuk memepertahankannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55363

Actions (login required)

View Item View Item