Pemanfaatan stupa Sumberawan sebagai objek wisata sejarah / Novi Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan stupa Sumberawan sebagai objek wisata sejarah / Novi Handayani

Handayani, Novi (2018) Pemanfaatan stupa Sumberawan sebagai objek wisata sejarah / Novi Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Novi. 2018. Pemanfaatan Stupa Sumberawan Sebagai Objek Wisata Sejarah. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Kasimanuddin Ismain M.Pd. Kata Kunci pemanfaatan Stupa Sumberawan wisata edukasi wisatawan Stupa Sumberawan merupakan satu-satunya stupa yang berada di Jawa Timur yang terletak di Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Banyak pengunjung yang datang dengan berbagai macam alasan salah satunya ialah melakukan wisata edukasi sejarah. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan mengenai Pemanfaatan Stupa Sumberawan sebagai wisata sejarah. Penelitian ini dilaksanakan dengan harapan agar peneliti dan pembaca mengetahui tentang bentuk pelaksanaan wisata edukasi sejarah di Stupa Sumberawan serta manfaat pelaksanaan setelah melakukan kegiatan wisata bersejarah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif melalui proses pengumpulan data pada suatu latar ilmiah dan menggunakan metode ilmiah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. tahap penelitian dimulai dari persiapan penelitian pelaksanaan dan penulisan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh dua simpulan yakni Pertama pelaksanaan wisata sejarah oleh wisatwan yang berkunjung di Stupa Sumberawan tidak hanya menikmati pemandangan atau bangunan saja akan tetapi melakukan edukasi dengan tanya jawab bersama juru pemelihara menggunakan pemandu yang berasal dari tim juru pemelihara serta melakukan proses pembelajaran di sana. Kedua manfaat yang diperoleh setelah melaksanakan wisata edukasi di Stupa Sumberawan adalah 1) ketika wisatawan melakukan wisata edukasi di sana pengetahuan wawasan dan rasa cinta terhadap peninggalan-peninggalan sejarah di masa lampau terpupuk dengan baik dan bertambah 2) kegiatan wisata edukasi tersebut mampu menanamkan rasa nasionalisme terhadap peserta dan siswa untuk terus menjaga identitas dan budaya negara Indonesia melalui Stupa Sumberawa 3) kegiatan tersebut memberikan susana rekreasi di tengah kegiatan yang menjenuhkan. Rasa kerjasama dan kerukunan ketika proses membangun stupa pada saat itu mampu dirasakan oleh peserta dan siswa lewat penjelasan serta diskusi dengan pemandu yang bertugas. Maka dari itu wisatawan tidak hanya memperoleh latar belakang untuk digunakan sebagai pendokumentasian saja tetapi juga mendapatkan manfaat yang cukup banyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55361

Actions (login required)

View Item View Item