Pemanfaatan modul tentang situs Sendang Duwur sebagai penunjang pembelajaran sejarah kelas X IPA 1 di SMA Muhammadiyah 9 Brondong Kabupaten Lamongan / Agus Zaenal Arifin

Arifin, Agus Zaenal (2018) Pemanfaatan modul tentang situs Sendang Duwur sebagai penunjang pembelajaran sejarah kelas X IPA 1 di SMA Muhammadiyah 9 Brondong Kabupaten Lamongan / Agus Zaenal Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arifin, Agus Zaenal. 2018. Pemanfaatan Modul Tentang Situs Sendang Duwur Sebagai Penunjang Pembelajarah Sejarah Kelas X IPA 1 di SMA Muhammadiyah 9 Brondong Kabupaten Lamongan. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto, M.Hum Kata Kunci: modul, pembelajaran sejarah, situs Sendang Duwur Dalam proses pembelajaran sejarah kebanyakan sekolah masih menggunakan buku teks dari pemerintah sebagai panduan belajar, yang lebih banyak menerangkan sejarah nasional, sedangkan sejarah lokal jarang tersampaikan. Selain itu penggunaan media elektronik belum maksimal, dan sumber belajar yang minim sehingga pembelajaran kurang bervariasi. Bahan ajar tambahan disinilah yang akan menjadi solusi dari masalah tersebut. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah modul pembelajaran sejarah, yang diperhitungkan berdasarkan aspek waktu. Sebab modul mampu mendukung kegiatan belajar mandiri di luar jam sekolah. Modul yang dikembangan memuat materi sejarah Situs Sendang Duwur karena lokasi situs yang tidak terlampau jauh dengan lokasi sekolah sehingga bisa dijadikan bahan ajar muatan lokal dan dijelaskan lebih detail mengenai Situs Sendang Duwur di sekolah. Tujuan dari penelitian dan pengembangan yaitu menghasilkan produk yang berupa pengembangan modul pembelajaran sejarah serta menguji efektivitas modul pembelajaran sejarah sebagai bahan ajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Hal ini dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk menunjang pembelajaran sejarah. Pengembangan bahan ajar dilakukan berdasarkan pada metode pengembangan Research and Development (R&D) dari Sugiyono (2015), yang terdiri dari 10 langkah yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, uji coba produk, revisi desain, validasi desain produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan yang terakhir produksi massal. Pengembangan bahan ajar ini hanya sampai pada tahap revisi produk setelah uji coba pemakaian. Instrumen validasi yang digunakan berupa angket serta lembar komentar dan saran terhadap bahan ajar. Kemudian pada tahap uji coba dilakukan pada siswa Kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 9 Brondong Lamongan. Selanjutnya data hasil dari validasi dan uji coba dianalisis dengan menggunakan kriteria persentase keefektifan terhadap bahan ajar. Produk yang dihasilkan berupa media cetak dalam bentuk modul pembelajaran sejarah. Desain yang dimiliki cukup menarik dan berbeda dari modul lainnya. Hasil dari analisis data 78,0% hasil dari uji coba kelompok kecil yang masuk dalam kategori valid, namun terdapat revisi. Selanjutnya 90% hasil dari uji coba lapangan, dengan hasil yang demikian bahan ajar dinyatakan layak. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahan ajar termasuk dalam kategori layak akan tetapi dilakukan sedikit revisi atas saran dan komentar dari respoden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55353

Actions (login required)

View Item View Item