Pengembangan media pembelajaran berbasis game age of empires II untuk pembelajaran sejarah kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 10 Malang / Galih Yoga Wahyu Kuncoro

Kuncoro, Galih Yoga Wahyu (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis game age of empires II untuk pembelajaran sejarah kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 10 Malang / Galih Yoga Wahyu Kuncoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i Kuncoro Galih Yoga Wahyu. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Age of Empires II untuk Pembelajaran Sejarah Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 10 Malang. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Dewa Agung Gede Agung M.Hum. Kata Kunci: media pembelajaran, game Age of Empires II Terdapat kesulitan tersendiri dalam proses pembelajaran sejarah kelas X di SMK Negeri 10 Malang, sehingga diperlukan media pembelajaran sebagai alat bantu yang dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Sejarah yang mempelajari masa lalu lebih sering bersifat abstrak. Oleh karena itu dalam memenuhi pembelajaran sejarah yang konkrit maka memerlukan alat bantu. Media pembelajaran berbasis game Age of Empires II ini digunakan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan sehingga peserta didik mendapatkan contoh konkrit dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis game Age of Empires II. Game ini dipilih karena potensi yang dimilikinya yaitu mampu menggambarkan kondisi pada masa feodal dan mampu mengajak peserta didik untuk belajar sekaligus bermain. Materi kerajaan Demak dipilih karena mampu menggambarkan kondisi kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Serta materi yang dipilih sesuai dengan KD 3.4 kurikulum 2013 edisi revisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi metode penelitian dan pengembangan dari Sugiyono yang terdiri dari 10 tahan yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produksi produk. Produk media pembelajaran yang dihasilkan adalah sebuah media berbasis game Age of Empires II yang berisi materi terkait dengan kerajaan Demak yang disertai dengan uji kompetensi sebagai indikator tingkat pemahaman peserta didik. Dalam tahap validasi materi dan tahap validasi media, diperoleh hasil yang menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis game Age of Empires II yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan dalam tahap uji coba kelompok kecil diperoleh hasil yang menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis game Age of Empires II cukup valid sehingga dapat digunakan dengan revisi kecil. Dalam tahapan uji coba kelompok besar media pembelajaran berbasis game Age of Empires II dinyatakan bahwa sangat valid sehingga dapat digunakan tanpa revisi sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran sejarah kelas X di SMK Negeri 10 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Jurusan Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55350

Actions (login required)

View Item View Item