Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis flip book digital materi peristiwa di sekitar proklamasi kelas X RPL D SMKN 8 Malang / Agus Mahardika Emas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis flip book digital materi peristiwa di sekitar proklamasi kelas X RPL D SMKN 8 Malang / Agus Mahardika Emas

Emas, Agus Mahardika (2018) Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis flip book digital materi peristiwa di sekitar proklamasi kelas X RPL D SMKN 8 Malang / Agus Mahardika Emas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Emas Agus Mahardika. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Flip Book Digital Materi Peristiwa Di Sekitar Proklamasi Kelas X RPL D SMKN 8 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Marsudi M.Hum. Kata Kunci Media Pembelajaran Flip Book Digital Peristiwa di Sekitar Proklamasi. Pembelajaran sejarah dikatakan efektif apabila mencakup komponen-komponen yang ada di dalamnya selain guru peserta didik dan fasilitas sekolah media pembelajaran turut andil dalam memajukan sistim pembelajaran di sekolahan. Bedasarkan hasil wawancara kepada guru sejarah di SMKN 8 Malang Fadila Maulidiah S.Pd minat belajar peserta didik kurang merata di kelas RPL D. Beberapa hal yang menyebabkan masalah tersebut adalah peserta didik kurang tertarik dalam pembelajaran sejarah dan dalam penyampaian materi guru juga masih menggunakan metode ceramah buku cetak dan Power Point salah satu alternatif dalam mengatasi masalah ini adalah penggunaan media pembelajaran Flip Book digital yang dilengkapi fitur kesesuaian dengan keinginan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan diuraikan sebagai berikut Menghasilkan media pembelajaran sejarah berbasis flip book digital materi peristiwa di sekitar Proklamasi kelas X RPL D SMKN 8 Malang. Prosedur yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini terdapat sepuluh tahapan merupakan modifikasi dari model pengembangan Sugiyono (2015). Adapun tahapan pengembangan yang dilakukan yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi desain (8) uji coba pemakaian (9) produksi produk (10) produksi massal. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media ahli materi uji coba kelompok kecil dengan 10 responden uji coba kelompok besar dengan 30 responden di kelas X RPL D SMKN 8 Malang. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran sejarah berbasis flip book digital materi peristiwa di sekitar Proklamasi. Produk pengembangan ini berbentuk media digital secara off line yang fiturnya dilengkapi dengan teks gambar dan video yang bisa dioperasikan di perangkat mobile seperti laptop dan android. Bedasarkan hasil dari uji coba yang dilakukan pada pengembanagan media pembelajaran sejarah berbasisi flip book digital diperoleh data sebagai berikut validasi ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 92 % hasil validasi dari ahli media diperoleh rata-rata sebesar 96 % uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata sebesar 94 5 % dan uji coba pada kelompok besar diperoleh rata-rata sebesar 94 % Bedasarkan hasil validasi serta uji coba pemakaian produk tersebut media pembelajaran ini sudah sangat efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Pengembangan media pembelajaran sejarah ini diharapkan menjadi tolak ukur bagi pengembangan media lainya untuk menciptakan media pembelajaran sejenis dengan materi yang berbeda dan tampilan serta desain yang lebih bagus dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/55349

Actions (login required)

View Item View Item